Kemenag Soppeng Wujudkan Sikap Berbagi dan Toleransi dalam Ibadah Qurban

Kemenag Soppeng Wujudkan Sikap Berbagi dan Toleransi dalam Ibadah Qurban

Soppeng (Humas) — Momentum Hari Raya Idul Qurban Tahun 1443 H/2022 M, jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng kembali melakukan penyembelihan hewan Qurban yang merupakan program rutin di lingkungan Kantor Kemenag Soppeng.

“Sebanyak 10 ekor sapi akan kita sembelih, dan akan di sebar area pemotongannya di tiga titik antara lain Kecamatan Lalabata, Marioriwawo dan Donri-Donri” ucap Muhammad Yunus selaku ketua panitia.

“Sebagai hamba yang beriman dalam mencapai predikat taqwa, ibadah qurban adalah ibadah yag disyariatkan oleh Nabi Muhammad SAW dengan mencontoh apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Nabi Ibrahim dengan ikhlas mengorbankan putra satu-satunya dari Istrinya Hajar yaitu Nabi Ismail yang akhirnya digantikan oleh Allah SWT dengan seekor qibas (domba)”,¬†tutur Afdal Kakan Kemenag Soppeng mengawali pelaksanaan penyembelihan hewan qurban.

Hasil sembelihan hewan qurban ini dibagi-bagikan kepada warga yang berhak menerima, tak lupa daging qurban juga dibagikan kepada tetangga sekitaran kantor termasuk pegawai Kemenag yang non muslim sebagai wujud sikap berbagi dan toleransi kepada sesama sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Muhamammad SAW yang membolehkan hasil sembelihan hewan qurban untuk dibagi-bagikan kepada kepada tetangga terdekat sebagai sedekah.

“Itulah sikap sejatinya sebagai seorang muslim dalam berbagi dan menjadi rahmat bagi seluruh alam. Mari kita wujudkan sikap berbagi dan toleransi dalam ibadah qurban” pungkas Afdal

Kakan Kemenag juga menyatakan kesyukuran dan apresiasinya karena jajaran Kemenag tetap konsisten melakukan penyembelihan hewan qurban tiap tahun yang tentunya mempunyai nilai ibadah dan kebersamaan diantara keluarga besar Kemenag Soppeng serta kepedulian terhadap sesama. (afr)

Andi Fathur

Andi Fathur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.