Songsong Tahun Toleransi, FKUB Pinrang Gencar Sosialisasikan Moderasi Beragama

Songsong Tahun Toleransi, FKUB Pinrang Gencar Sosialisasikan Moderasi Beragama

Pinrang, MarhamahNews – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pinran melakukan Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama yang berlangsung di Aula Kantor Camat Lembang (2/12/2021), diikuti sekitar 40 peserta lintas agama.

Ketua FKUB Kab. Pinrang, Sulaeman Thaha, mengatakan bahwa dalam rangka menyongsong tahun toleransi 2022, penguatan moderasi beragama menjadi prioritas utama.

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) memiliki peran strategis dalam mengelola keberagaman dan merawat kerukunan di Indonesia. Oleh karenanya, FKUB perlu terus mensosialisasikan dan mempromosikan nilai-nilai moderasi beragama yang dapat mendorong kerukunan dan toleransi di antara berbagai elemen masyarakat.

Sementara itu Camat Pinrang, Muh. Yusuf Nur, menegaskan pentingnya memperkuat komitmen kebangsaan dan menjunjung tinggi sikap toleransi kepada sesama.

Terlepas dari perbedaan budaya dan agamanya, Yusuf juga mendorong FKUB untuk terus mengembangkan kerjasama, sinergitas, dan kolaborasi bersama berbagai organisasi dan komunitas yang ada di masyarakat. Antara lain, komunitas pemuda, komunitas perempuan lintas iman dan entitas lainnya dalam melaksanakan kegiatan sosial-ekonomi tanpa memandang perbedaan budaya dan agama.

Moderasi Beragama adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan bersama, ungkap Irfan Daming.

Diakhir kegiatan, Alamsyah Sa’ban Miru memberikan simpulan tentang pentingnya penguatan moderasi beragama ditengah masyarakat yang multikultural serta multitafsir terhadap dalil-dalil agama.

Lebih lanjut Alamsyah juga mengajak kepada para peserta untuk dapat menjadi pelopor atau agen moderasi beragama di Kecamatan Lembang. (rls)

Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.