MAN 1 SOPPENG, Wakil Dapil Sulsel 2 Dalam Parlemen Remaja 2021

MAN 1 SOPPENG, Wakil Dapil Sulsel 2 Dalam Parlemen Remaja 2021

Soppeng, MarhamahNews – MAN 1 Soppeng kembali menunjukkan taringnya di kancah Nasional sebagai perwakilan satu-satunya Madrasah dari Sulawesi Selatan. Kali ini pada ajang Parlemen Remaja Tahun 2021.

Ajang tersebut diikuti oleh 131 Sekolah/Madrasah baik Negeri maupun Swasta untuk jenjang SMA/Sederajat seluruh Indonesia yang berasal dari 80 daerah pemilihan di Indonesia dari total 5.458 pejuang Parlemen Remaja 2021.

Parlemen remaja ini diadakan setiap tahun dan diselenggarakan oleh Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia yang merupakan kegiatan pembelajaran politik kepada generasi muda, khususnya pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat.

Peserta yang terpilih akan mengikuti rangkaian kegiatan Parlemen Remaja 2021 pada tanggal 13-17 September 2021 secara virtual dan mendapatkan materi secara langsung dari Anggota DPR RI, Pejabat Sekretariat Jenderal DPR RI maupun mitra kerja DPR RI dan pakar-pakar yang mumpuni di bidangnya.

Dari hasil seleksi tersebut, MAN 1 Sopppeng berhasil mengantarkan satu orang siswanya ke even bergengsi ini. Siswa itu adalah Riskan Khairi. Bersama 5 orang dari sekolah yang berbeda yakni dari Dapil 1 ; Ade Isaura Tiara (SMAN 9 Jeneponto), Dapil 2; Rahmat Malikul Mulki (SMAN 1 Bantaeng), Andi Muthia Amalia Makkuaseng (SMAN 1 Sinjai), dan Dapil 3; Nadifah Amaliyah (SMAN 11 Pinrang), Hanum Salsabilah (SMAN 1 Pinrang).

Kegiatan Parlemen Remaja 2021 ini memiliki tujuan bersama untuk berkontribusi dan memberikan dampak yang nyata melalui diskusi dan pertukaran gagasan yang dilandasi semangat untuk Indonesia lebih baik.” kata Minarni, Ketua Panitia Parlemen Remaja 2021.

Menurut Azhar Hidayah selaku Guru Pendamping siswa MAN 1 Soppeng mengatakan bahwa pelaksanaan Parlemen Remaja tingkat nasional kali ini dilaksanakan melalui aplikasi zoom karena masih suasana Pandemi Covid-19 dengan mengambil tema “Remaja Di Era Kebebasan Informasi: Siaran Berkualitas, Masyarakat Cerdas” yang akan membahas UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

Lebih jauh, Azhar menjelaskan bahwa Parlemen Remaja merupakan kegiatan pembelajaran politik kepada generasi muda, khususnya pelajar tingkat menengah atas (SMA dan sederajat) yang bertujuan untuk memasyarakatkan fungsi dan peranan DPR-RI kepada remaja sebagai generasi penerus bangsa.

Tujuan lainnya adalah memberikan pemahaman kepada siswa tentang proses pembuatan kebijakan publik di parlemen, serta meningkatkan pemahaman tentang proses demokrasi di Indonesia melalui pelaksanaan simulasi parlemen.

“Di Provinsi Sulawesi Selatan sendiri ada 3 (tiga) daerah pemilihan dan dari ke-3 dapil tersebut setiap dapil hanya akan dipilih 2 peserta terbaik dengan format penilaian yaitu esai 40%, video kampanye 35% dan CV 25%” lanjut Azhar.

Sementara itu, Ketua DPRD Soppeng, H. Syahruddin M Adam ketika ditemui di ruang kerjanya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan merasa bangga atas prestasi siswa MAN 1 Soppeng.

“kita bersyukur karena anak-anak kita bisa menunjukkan prestasinya yang luar biasa di tingkat nasional dan tidak hanya membawakan nama lembaganya tapi sudah membawakan nama daerah, Kabupaten Soppeng” ujarnya singkat.

Ini menjadi Sebuah kebanggaan tersendiri bagi Madrasah Aliyah Negeri 1 Soppeng, khususnya Kementerian Agama Kabupaten Soppeng karena seorang siswa dari madrasah berhasil lolos bahkan mewakili Kabupaten Soppeng dalam seleksi Dewan Parlemen Remaja 2021 Tingkat Nasional yang diadakan oleh Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI).

Riskan Khairi adalah siswa kelas XI MIA 1 yang juga sebagai ketua KIR MAN 1 Soppeng. Deretan prestasi yang pernah di raih sejak tahun 2020 antara lain :
1). Juara 1 LKTI Peraih Unhas Tingkat SulSelBar Tahun 2020.
2). Juara 2 LKTI Nasional Univ. Darul Ulum Jombang Jawa Timur Tahun 2020.
3). Juara Harapan 1 Esay Competition Insitut Tekhnologi Sumatera 2021.
4). Juara 2 Business Plan Competition Nurul Fikri Boarding school Lembang Tahun 2021.
5). Juara 1 MANSDA Research Competition Bidang ISH Tahun 2021.
6). Juara 1 LKTI Nasional Univ. Haluoleo Kendari Tahun 2021

Semoga perwakilan Sulawesi Selatan khususnya siswa MAN 1 Soppeng mampu mengharumkan nama baik keluarga, lembaga lebih-lebih daerah tercinta, Daerah Kabupaten Soppeng khususnya Kementerian Agama Kabupaten Soppeng. (Mus/afr)

Andi Fathur

Andi Fathur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *