319 Santri Sulsel Ikut Serta Seleksi PBSB Tahap Pertama

319 Santri Sulsel Ikut Serta Seleksi PBSB Tahap Pertama

Makassar, MarhamahNews — Hari ini, Selasa (27/04), Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) memasuki masa seleksi tes berbasis elektronik yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI secara serentak diseluruh Indonesia.

Melansir data yang dimiliki Bidang PD. Pontren Kemenag Sulsel, Sebanyak 9.839 santri dari 1.356 Pondok Pesantren ikut bersaing memperebutkan kuota 21 Perguruan Tinggi yang tersebar diseluruh Indonesia.

Termasuk dalam 5 provinsi dengan jumlah pendaftar terbanyak, Sulawesi Selatan hadir dengan 320 santri dari 65 Pondok Pesantren ikut serta dalam program ini.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang PD. Pontren Kemenag Prov. Sulsel, H. Mulyadi menjelaskan, tes ini dilaksanakan menggunakan perangkat Android ataupun PC yang dimiliki setiap peserta tanpa pengawas, namun segala sistem telah dimodifikasi sedemikian rupa agar terhindar dari segala bentuk kecurangan.

“Waktu pelaksanaan tes juga sudah disesuaikan agar meminimalisir santri untuk mendapatkan jawaban lewat hal-hal yang tidak diinginkan, meski demikian kita berharap semoga santri dapat mengikuti tes dengan penuh kejujuran” tambahnya.

Ditambahkannya, lewat Program Beasiswa Santri Berprestasi juga sekaligus dapat menjadi alat ukur keberhasilan proses belajar mengajar dipondok pesantren yang selama ini kita bina, dalam arti memastikan santri kita menguasai kompetensi yang diharapkan.

Mulyadi juga menyampaikan rasa optimisnya, santri Sulawesi Selatan akan mampu mengisi setiap ruang fakultas atau jurusan yang tersedia di perguruan tinggi-perguruan tinggi lewat PBSB ini.

Pelaksanaan tes seleksi berbasis elektronik hari ini dilaksanakan dalam 2 sesi yakni, sesi Materi Kepesantrenan dan TPA serta Sesi Materi Akademik dan Bahasa.

Selanjutnya, setiap peserta akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya yakni tes seleksi lisan secara daring pada tanggal 18-21 Mei 2021 (menyesuaikan jumlah peserta).

Diketahui, Program Beasiswa Santri Berprestasi adalah program beasiswa pendidikan bagi lulusan Pondok Pesantren, Dayah, Surau, Meunasah, atau sebutan lain yang memiliki potensi akademik baik akan tetapi memiliki keterbatasan secara ekonomi untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan pendidikan tinggi.

Muh Fadli

Muh Fadli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *