Pengurus ICATT Dilantik, Pimpinan Pontren DDI Pattojo Jabat Ketua

Pengurus ICATT Dilantik, Pimpinan Pontren DDI Pattojo Jabat Ketua
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Gowa (Humas Soppeng ) – Dewan Pembina ICATT (Ikatan Cendekiawan Alumni Timur Tengah) Prof. Andi Syamsul Bahri Galigo melantik Dewan Pengurus Pusat ICATT  periode 2020-2024.

Pelantikan berlangsung secara luring dan daring di Sekretariat ICATT Kelurahan paccinongan Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Minggu (10/1/2021).

Dr. Andi Aderus Pasinringi terpilih menjadi Ketua ICATT periode 2020-2024. “Terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada para anggota atas kepercayaannya” ujarnya usai dilantik.

Pimpinan Pondok Pesantren Darud Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Pattojo Kabupaten Soppeng itu menyampaikan beberapa agenda yang akan dilanjutkan dalam program kerja ICATT.

“Beberapa agenda akan ditindaklanjuti dalam program kerja diantaranya, penguatan moderasi beragama (Wasathiyyah), jejaring yang luas, literasi keagamaan dan pemberdayaan ekonomi organisasi dan ummat,” ungkapnya.

Secara lantang, Andi Aderus menegaskan bahwa kedepan ICATT akan berkontribusi dalam berbagai aspek pembangunan fisik maupun non fisik.

“Bukan lagi masanya organisasi selalu tergantung dengan proposal, bahkan ke depan ICATT yang akan berkontribusi,” tegas  Wadir PPS UIN Alauddin Makassar ini.

Sementara Prof. Andi Syamsul Bahri dalam sambutannya mengatakan, ICATT ini adalah Raabithah. Maknanya Ikatan yang dominan dan sumbernya dari hati dan spirit keikhlasan sebagaimana dalam QS. Al-Kahfi ayat 14. Mari kita jadikan ICATT sebagai wadah pengabdian dan ladang amal kita untuk investasi akhirat, kata Ketua Umum PB Darud Dakwah wal Irsyad ini.

Dia juga berpesan bahwa jadikan ICATT sebagai Mashaadir dan Maraaji’, rujukan dan solusi permasalahan keagamaan ummat, dakwahkan Islam yang wasatiy di Indonesia bahkan sampai di Asia Tenggara. Tentunya para pengurus ICATT harus menjadi model, Qudwah, Uswah dan teladan di kalangan ummat, kunci Alumni Universitas Al Azhar Mesir ini.

Untuk diketahui, ICATT nerupakan wadah pemberdayaan dan pengembangan para Alumni atau yang pernah studi di Timur Tengah untuk kemaslahatan ummat. ICATT dirikan pada tahun 1989 dan sebagai Ketua yang pertama adalah AG. Prof. Dr. H.M. Faried Wadjedy, Lc.MA.( Pimpinan Pontren DDI Mangkoso Barru), yang dilanjutkan oleh H. Sabir Musi, Lc., kemudian Dr. H. Mustamin Arsyad, Lc.MA., kemudian Dr. H. Muammar Bakry, Lc. MA, yang pernah menjabat Ketua ICATT periode sebelumnya.

Dewan Pembina ICATT diantaranya, Gubernur dan Wakil Gubernur Sul Sel, AG. Dr. Sanusi Baco, Lc. Prof. Dr. Quraish Shihab, Lc.,MA.

Sementara Dewan Penasehat, di antaranya Almukarram AG. Dr. H. Hamzah Harun, Lc. MA (Ketua Tanfiziyah PW NU Sul Sel), Wakil koordinator Kopertais Wilayah VIII, Dr. H. Abd Shomad Batubara, Lc.MA.

Demikian dilaporkan Dr. H. Andi Muhammad Akmal, M.HI, sebagai Koordinator Departemen Pemberdayaan Zakat dan Wakaf ICATT. (rls/afr)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Andi Fathur

Andi Fathur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *