Kakan Kemenag Bone Pantau Pelaksanaan Bimtek EDM

Kakan Kemenag Bone Pantau Pelaksanaan Bimtek EDM

Watampone, MarhamahNews – Hari ke tiga pelaksanaan Bimbingan Tekhnis penerapan aplikasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik (e-RKAM), Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone Dr. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum melakukan kunjungan kerja di Pondok Pesantren Moderen Al-Junaidiyah Biru, Rabu (23/12/2020).

Kunjungan kerja dilaksanakan dalam rangka memantau perkembangan pelaksanaan Bimtek EDM dan e-RKAM yang dipusatkan di Aula Al-Junaidiyah Biru yang dilaksanakan oleh Tim Inti Kabupaten Bone. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 21 Desember 2020 dan akan berakhir 25 Desember 2020.

Sebanyak 13 Madrasah dari tingkat MI, MTs dan MA menjadi pesert. Diketahui bahwa Bimtek EDM dan e-RKAM diprioritaskan untuk kepala madrasah, bendahara dan operator.

Ditengah pembelajaran, Kakan Kemenag Bone H. Wahyuddin menanyakan sejauh mana pengetahuan peserta dalam memahami aplikasi EDM dan e-RKAM. Ia menanyakan langsung kepada beberapa peserta dari setiap kelompok.

Diperoleh jawaban yang hampir sama dari setiap peserta yang telah mampu membuka dan pengisian data yang diminta oleh aplikasi EDM dan e-RKAM.

“Dari hasil pemantauan, peserta telah memahami penggunaan aplikasi EDM dan e-RKAM. Memang disinilah wadahnya untuk menuntaskan pemahaman terkait aplikasi tersebut”, ujar Kakan Kemenag Bone.

Walau telah dipahami, H. Wahyuddin tetap tegaskan agar bimtek tidak hanya menjadi pengalaman semata. Akan tetapi diaplikasikan ketika kembali ke madrasah. Dijelaskannya bahwa EDM dan e-RKAM sangan penting bahkan spesifik dalam pemanfaatan dana bos.

“Jangan menganggap ini adalah hal yang biasa karena EDM ini adalah kebutuhan pokok kita sebagai objek akurasi jawaban dan pertanyaan dalam pengelolaan anggaran”, pungkas H. Wahyuddin.

Kakan Kemenag Bone berharap lewat bimtek penerapan EDM dan e-RKAM pemehaman pengelolaan anggaran tercapai dan erat dalam peningkatan mutu pendidikan.

Dilaporkan: Ahdi Hidayat
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *