UIN Alauddin Gagas Kerjasama dengan Kemensos dan Kanwil Kemenag Sulsel

UIN Alauddin Gagas Kerjasama dengan Kemensos dan Kanwil Kemenag Sulsel
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Gowa, MarhamahNews – Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Selasa 27 Oktober 2020, menggelar rapat dalam rangka menggagas persiapan kerjasama (memorandum of understanding) dengan Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, di ruang rapat Wakil Rektor 4 Kampus II, Samata Gowa.

Rapat yang dipimpin Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dalam dan Luar Negeri, Dr. H. Kamaluddin Abunawas, MA, turut dihadiri pula Ketua LP2M, Prof. Dr. H. M. Ramli, MA., Kepala Pusat Penelitian pada LP2M, Prof. Dr. Mahmuddin, M.Ag, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat pada LP2M, Dr. Muhammad Suhufi, M.Ag, Dekan Fakultas Dakwah Dr. Firdaus Muhammad, Ketua Jurusan PMI Kesos pada Fakultas Dakwah Dr. H. Ilham M.Ag, Kabag Kerjasama, Asniati SE, MM, Analis Kerja Sama UIN Alauddin Makassar, Taufan Makmur, S.Ag., dan sejumlah staf.

Beberapa agenda yang dibahas dalam rapat itu, seperti dilaporkan Taufan Makmur kepada media, adalah terkait kerjasama dengan Kemensos, adalah kerjasama pengembangan Jurusan PMI Kesejahteraan Sosial (Kesos) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, pengembangan Taruna Siaga Bencana (Tagana) melalui kerjasama dengan LP2M UIN serta berupaya menghadirkan kunjungan Menteri Sosial ke UIN.

Sedangkan terkait kerjasama dengan Kanwil Kemenag Sulsel, adalah menyangkut pembimbingan/manasik ibadah haji, pembinaan/pemberdayaan zakat dan wakaf, pengembangan KKN berbasis pesantren dan desa binaan KKN UIN Alauddin, serta kajian pemberian bantuan yang produktif.

Menurut Warek IV UIN Alauddin, Kamaluddin Abunawas, untuk lebih mendorong pengembangan pelaksanaan program bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi/lembaga dalam dan luar negeri, dan saat ini juga akan dilakukan kerja sama dengan Kemensos dan Kementerian Agama.

Dikatakan, Kerjasama antar perguruan tinggi/kementerian dan lembaga, merupakan upaya memecahkan solusi institusional yang dihadapi perguruan tinggi, baik pada level lokal, regional, nasional, maupun internasional, utamanya dalam upaya peningkatan mutu akademik masing-masing perguruan tinggi. Lingkup kerjasama tersebut mencakup banyak bidang yang tentunya dalam mendukung peningkatan serta pencapaian Tridharma Perguruan Tinggi.

Sementara itu ketua LP2M UIN Alauddin Makassar mengatakan, mendukung terwujudnya peningkatan kualitas UIN Alauddin Makassar menjadi sebuah lembaga/institusi pendidikan menjadi sarana penyaluran aspirasi masyarakat dalam melahirkan insan-insan penerus bangsa yang siap mengisi pembangunan, maka hubungan kerjasama antar perguruan tinggi mutlak diadakan demi terwujudnya pengembangan sumber daya masing-masing Perguruan Tinggi.

‘’Untuk lebih mendorong pengembangan pelaksanaan program bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, UIN Alauddin Makassar telah melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi/lembaga dalam dan luar negeri,’’ papar Prof. Ramli. (rls)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *