Di Bone, Kakanwil Kemenag Sulsel Serahkan BOP Kepada 154 Ponpes dan Lembaga

Di Bone, Kakanwil Kemenag Sulsel Serahkan BOP Kepada 154 Ponpes dan Lembaga

Bone, MarhamahNews – Wakil Bupati Bone, H. Ambo Dalle menyambut hangat kedatangan Kakanwil Kementerian Agama Prov. Sulsel, KH. Khaeroni di Masjid Agung Kab. Bone, Minggu (18/10), berkenaan dengan pengukuhan Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kab. Bone, sekaligus penyerahan Izin Operasional bagi 7 pondok pesantren yang baru terbentuk dan 11 izin pesantren dengan status perpanjangan, serta penyerahan secara simbolis Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) bagi pondok pesantren, Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) dan Lembaga Pendidikan Alquran (LPQ) dimasa pandemi covid-19.

Bantuan senilai 1,975 Milyar ini diberikan kepada 154 pondok pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan Islam dan secara simbolik diserahkan oleh Wakil Bupati Kab. Bone, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, didampingi oleh Kepala Bidang PD. Pontren Kemenag Sulsel, H. Mulyadi dan Kepala Kemenag Kab. Bone, H. Wahyuddin Hakim kepada 4 perwakilan lembaga yakni PP Almunawwarah Panyili, TPA Nurul Yaqin Mattirowalie,dan Jusriadi seorang wakil MDTA Bone serta KH. Idris Rasyid sebagai wakil Penerima bantuan pembelajaran Daring bagi pondok pesantren.

Ucapan selamat datang disampaikan H. Ambo Dalle yang menurutnya sinergitas antara pemerintah daerah Kab. Bone dan Kementerian Agama Kab. Bone terjalin begitu harmonis hingga semua program keagamaan dapat berjalan dengan begitu baik.

“Ibarat rumah tangga, hubungan Pemda Kab. Bone dan Kemenag sudah layak disematkan status Sakinah Mawaddah Warahmah, Salah bukti bahwa aset tanah milik pemda yang ditempati kemenag saat ini sudah kami serahkan sepenuhnya”. Katanya.

Ditambahkannya, karena pesantren memiliki nilai plus membangun karakter anak didiknya, sudah seharusnya dikelola dengan luarbiasa. Pesantren harus bisa saling bersinergi satu sama lain, saling berkolaborasi dan saling mengisi tanpa meninggalkan karakteristik yang dimiliki oleh masing-masing pesantren. Ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Khaeroni mengawali sambutannya menyampaikan apresiasi yang begitu tinggi atas setiap perhatian yang telah diberikan oleh pemda kab. Bone terhadap setiap program keagamaan didaerah ini.

Mengamati bangunan rumah ibadah, madrasah dan pondok pesantren di ibukota kabupaten ini membuktikan bahwa perhatian pemerintah daerah memang cukup luar biasa, namun begitu harapnya hal ini juga bisa terjadi didaerah-daerah lainnya terutama diwilayah-wilayah yang terpencil.
Selanjutnya, Khaeroni yang juga pengurus pusat majelis pengasuh pondok pesantren ini menyampaikan niatnya menggagas gerakan 1 pejabat 1 yatim, yakni meminta komitmen pejabatnya untuk setidaknya berkomitmen memelihara seorang yatim untuk mengenyam pendidikan madrasah dan pontren.

Sebelumnya, Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) juga diserahkan Kementerian Agama di Kab, Soppeng senilai dan Kab. Wajo senilai 1,385 milyar untuk 108 lembaga pondok pesantren, Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT), dan Lembaga Pendidikan Quran (LPQ).

Dilaporkan : Muh Fadli
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *