Hari Pertama di Sulsel, Kakanwil Kemenag yang Baru Sowan ke Sejumlah Tokoh Agama

Hari Pertama di Sulsel, Kakanwil Kemenag yang Baru Sowan ke Sejumlah Tokoh Agama

Makassar, MarhamahNews – Mengisi hari pertamanya di Sulsel, H. Khaeroni yang baru saja dilantik menjadi Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel pada tanggal 15 September 2020, langsung mengagendakan kegiatannya untuk sowan/silaturrahmi dengan sejumlah tokoh Agama.

Seperti yang dilakoni beliau, Minggu, (20/9/2028) yang didampingi oleh Sejumlah Pejabat Lingkup Kanwil diantaranya Kabag TU H. Fathurrahman, Kabid PHU H. Kaswad Sartono, Kabid Pendidikan Madrasah H. Masykur dan Kasubag Umum dan Humas H. Zulkifli Hijaz dengan mengunjungi sejumlah tokoh Agama terkemuka di Sulsel.

“Insya Allah Kunjungan silaturrahmi dengan sejumlah Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama di Sulsel akan menjadi salah satu agenda prioritas dan masih akan dilanjutkan di hari hari berikutnya, menyesuaikan dengan waktu dan kegiatan yang ada, Ujar Kasubag Umum dan Humas H. Zulkifli Hijaz.

Ba’da Dhuhur, H. Khaeroni memulai aktivitasnya dengan mengunjungi Kediaman Ketua MUI Sulsel yang juga Rois Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Sulsel Anregurutta DR. Hc. KH. Sanusi Baco, Lc. Di bilangan Kelapa Tiga kota Makassar.

Di Hadapan Anregurutta Sanusi Baco, Mantan Kepala Biro AUAK IAIN Salatiga Jateng ini memperkenalkan dirinya sebagai Kakanwil Kemenag di Sulsel yang baru saja dilantik oleh Menag RI seraya mohon doa, dukungan serta bimbingan Anregurutta, semoga selama bertugas di Sulsel bisa memberikan manfaat bagi Masyarakat dan umat beragama di Sulsel, Harap Khaeroni

AGH Sanusi Baco, sangat mengapresiasi kunjungan Kakanwil, Anregurutta menyampaikan bahwa kedatangan pak Kakanwil merupakan nilai yang sangat berharga bagi saya pribadi, karenanya saya doakan lancar dan sukses selama bertugas di sulsel, Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan keberkahannya kepada kita semua, khususnya pak Kakanwil, Ucap Anregurutta

KH. Sanusi Bcao juga berpesan agar Kakanwil baru ini bisa menjaga nilai nilai yang diwariskan oleh para Ulama dan para pendahulu bangsa ini, karena Nilai itu tidak pernah berubah, yang berubah itu manusianya, karenanya jaga terus nilai nilai tersebut, pesannya ke H. Khaeroni

Di ujung perbincangan, Anregurutta sempat berkelakar, barang Siapa yang sudah meminum airnya Makassar maka dia akan berulan ulang datang.

Selanjutnya Kakanwil Bergeser ke Kawasan Bonto Duri Makassar, tepatnya di Kediaman KH. Abu Bakar Paka Ketua MUI Kab. Gowa yang merupakan Ayahanda dari H. Anwar Abubakar Mantan Kakanwil Kemenag Sulsel yang sekarang bertugas di Kanwil Kemenag Sulawesi Utara.

Pertemuan antara kakanwil Kemenag Sulsel dan Sulawesi Utara berlangsung hangat dan diselingi canda tawa, Kakanwil Sulawesi Utara Anwar Abubakar beserta Ayahandanya banyak memberikan informasi dan gambaran terkait kondisi Sulawesi Selatan baik dari sisi geografis maupun dasi sisi social keagamannya. Hal ini dinilai sangat berharga dan bermanfaat bagi H. Kaheroni yang akan bertugas di Sulsel.

“Informasi dan pengalaman Beliau sangat berharga buat kami, khususnya selama dalam mengemban amanah di Sulsel”, Ujar H. Khaeroni

Usai bersilaturrahmi dengan Mantan Kakanwil Kemenag Sulsel beserta Keluarga Besarnya, perjalanan dilanjutkan menuju Kediaman Prof. DR. H. Azhar Arsyad, MA, Mantan Rektor UIN Alauddin Makassar, yang ternyata merupakan kolega dekat yang sudah kenal lama dengan H. Khaeroni.

Safari Sowan Beliau tidak berhenti disitu saja, Tapi berlanjut sampai Malam, seusai Sholat Isya H. Khaeroni Mengunjungi Kediaman Salah Satu Tokoh Agama dan Ahlut Tarikah di Sulsel yakni Habib Syekh Abdurrahim Assegaf Puang Makka, Mursyid Tarekat Khalwatiyah Syekh Yusuf Al Makassary yang Juga Putera dari Muassis NU Sulsel Sykeh KH. Jamaluddin Assegaf Puang Ramma.

Kakanwil Sulsel yang baru dilantik ini disambut hangat di kediaman Puang Makka, tampak sejumlah murid, santri dan puluhan pengurus GP. Ansor dan Banser Sulsel sudah menyambut kedatangan H. Khaeroni beserta Rombongan.

Usai memperkenalkan dirinya, H. Khaeroni berharap dukungan keberkahan doa dari Habib Puang Makka serta mohon bimbingan dan Nasehat, bahkan kalau perlu “dicubit” bila dianggap dalam masa kepemimpinannya di Kemenag Sulsel terdapat kekeliruan.

Di pertemuan itu terungkap kalau H. Khaeroni merupakan Santri dari salah satu Ulama Khos di Tanah Jawa yakni Alm KH. Maimun Zubaer yang dikenal dengan Mbah Maemun, serta murid dari Ketua Forum Sufi Sedunia Habib Luthfi bin Yahya, sehingga menurut Al Habib Puang Makka, kehadiran H. Khaeroni di tempat ini sudah tepat, karena kita berasal dari satu keluarga dan satu sanad keilmuan, Ungkap Puang Ketua Jamiyyah Ahlut Thariqah Al Muktabarah An Nahdliyah (JATMAN NU) Sulsel

Sampai sampai Kakanwil Kemenag Sulsel yang baru dilantik ini diajak khusus oleh Habib Puang Makka memasuki kamar pribadi Ayahandanya Alm. Habib Sykeh Puang Ramma, dimana hanya orang orang tertentu yang pernah memasukinya.

Pertemuan yang penuh canda tawa ini berakhir jelang tengah malam, dimana sebelumnya Puang Makka menyampaikan dukungan, doanya kepada H. Khaeroni, mudah mudahan dalam menjalankan Amanah Menteri Agama di Sulsel senantiasa diberi kesehatan, kelancaran, kesuksesan, serta mendatangkan manfaat bagi kehidupan keberagamaan di Sulsel, Ujar Puang Makka.

Rencananya Besok Pagi (Hari ini, Senin, 21 September 2020), akan digelar acara lepas sambut Kakanwil Kemenag Sulsel yang lama dan baru di Aula Kanwil Kemenag Suylsel jalan Nuri Makassar yang dihadiri oleh seluruh pejabat di jajaran Kemenag Sulsel.

Laporan : Mawardy
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *