Percepatan Layanan KUA, Kemenag Bantaeng dan Disdukcapil Teken MoU

Percepatan Layanan KUA, Kemenag Bantaeng dan Disdukcapil Teken MoU

Bantaeng, MarhamahNews – Untuk memudahkan dan percepatan pelayanan bagi masyarakat yang memerlukan pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) maupun di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantaeng, maka Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng melalui Seksi Bimas Islam bersama Disdukcapil Bantaeng menggagas sebuah inovasi pelayanan.

Kerjasama kedua belah pihak ditandai dengan penanda tanganan sebuah Memorandum of Understanding (MoU)  yang dilangsungkan di aula Kantor Kemenag Bantaeng. Rabu, (12/8/2020).

Penanda tanganan MoU disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Anwar Abubakar, Kepala Bidang Urusan Agama Islam,  H.  Muhammad Nasir, beserta segenap jajaran dari kedua pihak.

Perjanjian Kerja Sama tentang “Pemutahiran Data Kependudukan Dalam Aplikasi SIAK (Sistim Informasi Aplikasi Kependudukan) untuk Akses Data SIMKAH (Sistem Informasi Manajemen Nikah) ini menurut HM. Rajab, salah seorang pelaksana pada Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Bantaeng adalah yang pertama di Sulsel.

Dalam perjanjian kerjasama tersebut memuat poin-poin penting antara lain bahwa :

1. PIHAK KESATU (Disdukcapil) selaku pihak yang berwewenang melakukan pencatatan kependudukan dan perubahannya, akan merubah data sesuai kewenangan dan peraturan yang berlaku apabila PIHAK KEDUA (Kemenag Bantaeng), mengalami kendala dalam mengakses data kependudukan melalui SIMKAH.

2. Pihak kesatu akan melakukan pemutakhiran data kependudukan dan menyampaikan hasilnya kepada Pihak Kedua.

3. Pihak KESATU dapat pula menyampaikan permasalahan keabsahan data pencatatan Nikah/Rujuk kepada PIHAK KEDUA jika ada keraguan atas keabsahan data maupun fisik kutipan akta nikah.

4. PIHAK KEDUA akan mengadakan validasi data pencatatan nikah/rujuk dan menyampaikan hasilnya kepada PIHAK PERTAMA

Guna melaksanakan ketentuan pada angka 1 dan angka 2 diatas kedua pihak akan menunjuk fasilitator / Petugas yang terdiri atas :

a. Petugas pelayanan administrasi dan Inovasi dari PIHAK KESATU

b. Kepala KUA se Kabupaten Bantaeng dari PIHAK KEDUA

c. KUA dapat menunjuk operator SIMKAH sebagai fasilitator dari PIHAK KEDUA

d. PIHAK KESATU menyiapkan loket dan tenaga khusus / operator untuk melayani calon pengantin dalam perbaikan data, dengan syarat catin dapat dilayani jika membawa pengantar dari KUA tempat mendaftar nikah.

Menanggapi hal tersebut,  Kakanwil H. Anwar Abubakar sangat mengapresiasi gagasan yang dicetuskan Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Bantaeng yang telah diwujud nyatakan dalam sebuah MoU pada hari ini.

Dalam pelaksanaannya, Kakanwil sangat berharap para penyuluh dan penghulu menjadi garda terdepan di masing-masing kecamatan dalam rangka memberdayakan, mensinergikan dan mengkoordinasikan kedua belah pihak dalam rangka lemutahiran data kependudukan dalam aplikasi SIAK untuk akses data SIMKAH dimaksud.

Laporan : Mahdi
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *