Peletakan Batu Pertama Dimulai, KUA Sibulue Bone Bakal Disulap Jadi Balai Nikah Dan Manasik Haji

Peletakan Batu Pertama Dimulai, KUA Sibulue Bone Bakal Disulap Jadi Balai Nikah Dan Manasik Haji
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bone, MarhamahNews – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Anwar Abubakar, melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Sibulue, Kabupaten Bone, Rabu (29/7/2020).

Peletakan batu pertama dihadiri Kepala Bidang Urusan Agama Islam H. Muhammad Nasir, Tripika Kecamatan Sibulue, Kepala Kantor Kemenag Bone Dr. H. Wahyuddin Hakim, beserta seluruh pejabat pengawas Kemenag Bone dan beberapa tamu lainnya.

Gedung KUA Kecamatan Sibulue yang lama akan disulap menjadi gedung yang mewah, yaitu gedung Balai Nikah dan Manasik Haji yang dikerjakan oleh CV. D’LIMA ENGINEERING Makassar.

Kakanwil Kemenag Sulsel H. Anwar dalam sambutannya menyampaikan jika proyek tersebut dananya bersumber dari surat berharga syariah negara (SBSN).

Dengan adanya pembangunan ini akan banyak memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya di warga Kecamatan Sibulue. Mengingat KUA Kecamatan memiliki fungsi melaksanakan sebagian tugas pemerintah daerah ditingkat kecamatan.

“Ditempat ini diberikan akses layanan nikah kepada masyarakat begitupun pelaksanaan bimbingan manasik haji. Ini suda menjadi tugas KUA membantu pemerintah daerah dalam hal pembinaan keagamaan”, ungkap Kakanwil Kemenag Sulsel.

Ia juga menjelaskan konsep layanan jamaah haji. Namun yang menjadi target adalah calon jamaah haji yang bisa membaca al-Qur’an dan memahami manasik haji. Untuk itu, Kakanwil Kemenag Sulsel harapkan agar penyuluh agama tetap melaksanakan tugasnya melakukan pendampingan jamaah haji.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan jika lebaran idul adha tinggal beberapa hari lagi. Kakanwil harapkan agar pelaksanaan shalat ID tetap mengutamakan di Masjid agar penerapan aturan protokol kesehatan covid-19 dapat dikendalikan.

“Utamanya jalanan masuk jamaah ke area ibadah. Bisa diingatkan kenakan masker dan jaga jarak. Kalau dilapangan takutnya jamaah masuk dari berbagai arah”, harapnya.

Tidak lupa juga ia mengingatkan kepada panitia qurban agar memperhatikan protap protokol covid-19. “Bila perlu, panitia yang mendatangi warga untuk membagikan daging qurban”, pungkasnya.

Terkait proyek pembangunan dari SBSN, Kakan Kemenag Bone H. Wahyuddin mengungkapkan jika KUA Kecamatan yang masuk usulannya ada tiga namun yang mendapatkan persetujuan cuma satu yaitu KUA Kecamatan Sibulue. Hal tersebut kata H. Wahyuddin patut disyukuri utamanya warga masyarakat sibulue karena mendapatkan hadiah besar yaitu pembangunan gedung yang sangat dibutuhkan untuk kegiatan balai nikah dan manasik haji di kecamatan.

Laporan : Ahdi Hidayat
Editor  : Arfan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *