Kakanwil Kemenag Sulsel dan Jajarannya Ikuti Sosialisasi Hasil Pengawasan SBSN

Kakanwil Kemenag Sulsel dan Jajarannya Ikuti Sosialisasi Hasil Pengawasan SBSN

Makassar, MarhamahNews – Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI melakukan sosialisasi Hasil Pengawasan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) pada Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2019/2020, Kamis (9/7/2020).

Sosialisasi secara virtual yang dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI ini, juga dihadiri secara online antara lain Plt. Inspektur Jenderal Kemenag RI Dr. H. Muhammad Thambrin, Inspektur Wilayah (Irwil) IV H. Suhersi, Kakanwil Kemenag Sulsel, H. Anwar Abubakar, Kakan Kemenag Se Provinsi Sulawesi Selatan penerima SBSN, Kabag Tata Usaha, Kabid Pendidikan Madrasah, Kabid PHU, Kabid Binsyar Urais, para Kepala Sub Bagian /Kepala Seksi, dan para Kepala Madrasah serta auditor dengan jumlah peserta sebanyak 53 orang.

Kegiatan sosialisasi yang berlangusung selama 3 jam ini menghadirkan tiga pemateri, yakni Plt Irjen Kemenag RI, H.Muhammad Thambrin bersama Kasubbag Kepegawaian H. Sutikno dan Hj. Ida Faridha.

Irwil IV H. Suhersi yang didaulat memberi sambutan sebelum para narasumber memaparkan materinya mengatakan bahwa sosialisasi hasil pengawasan SBSN ini adalah yang pertama kali dilakukan di tahun 2020 dan dimasa pandemi covid-19.

Ia kemudian menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannnya kegiatan ini, antara lain, agar penerima dan pengelolah anggaran SBSN dapat memahami hal-hal yang terkait dengan pengawasan yang tentunya disertai dengan rekomendasi dan catatan.

“Rekomendasi dan catatan-catatan ini tentunya dimaksudkan agar terjadi perbaikan dan percepatan penyelesaian”, ucap Suhersi

Irwil IV menyebut bahwa SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) adalah program yang sangat strategis yang ada di Kementerian Agama tahun 2020. “Ini yang perlu kita perhatikan bersama, mulai dari persiapan sampai pertanggungjawaban bahkan sampai pada pemanfaatan”, ujarnya menambahkan

Dalam kesempatan ini, kata Suhersi, akan dipaparkan hasil pengawasan dari Irwil IV, baik melalui audit, pendampingan, evaluasi dan review.

“Jika ada yang belum selesai segera kita selesaikan. Dan apabila ada hambatan, maka segera kita selesaikan. Itulah maanfaatnya kita sharing disini untuk menemukan solusi yang kita harapkan bersama”, pungkasnya

Kakanwil H.Anwar Abubakar dalam pemaparannya diakhir acara menerangkan bahwa pada tahun 2019 Kemenag Sulawesi Selatan mendapatkan dana SBSN untuk pembangunan 6 unit KUA dan 7 unit Madrasah dan semuanya telah selesai dikerjakan.

“Kami laporkan bahwa gerdung KUA dan Madrasah ini semuanya telah selesai dikerjakan dan telah difungsikan. Bahkan MTsN 1, MAN 2 dan MAN 3 Makassar diresmikan langsung oleh Menteri Agama pada tanggal 3 Maret 2020”, urai H.Anwar Abubakar

Mengenai MAN IC, lanjut Kakanwil, yang satunya telah selesai dikerjakan, namun yang satunya lagi belum oleh karena rekanan yang mengerjakan mengundurkan diri dan nanti setelah review akan segera ditindak lanjuti.

Di tahun 2020 ini, menurut Kakanwil, terdapat 15 KUA dan 8 Madrasah lingkup Kemenag Sulsel yang anggarannya bersumber dari SBSN.

“Untuk itu mohon perkenan Bapak PLT Irjen, Bapak Irwil beserta seluruh auditor agar dapat memberikan bimbingan dan pendampingan, khususnya dalam pembangunan di tahun anggaran 2020 ini”, tutup Kakanwil.

Seluruh rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan pembacaan doa oleh Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel Dr. H. Kaswar Sartono.

Laporan : Andi Baly
Editor  : Arfan
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *