Peduli Korban Banjir Bandang, Kakanwil Kemenag Sulsel Salurkan Bantuan

Peduli Korban Banjir Bandang, Kakanwil Kemenag Sulsel Salurkan Bantuan
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bantaeng, MarhamahNews – Hujan deras Jumat tanggal 12 Juni 2020 yang mengakibatkan meluapnya sungai Calendu karena tak mampu menampung curah hujan, serta jebolnya pengendali banjir Cekdam Balang Sikuyu pada sisi kanannya akibat tak mampu lagi menahan debit air yang semakin meningkat, membuat beberapa wilayah di Kabupaten Bantaeng terendam banjir pada sore hingga malam harinya.

Sebanyak tujuh kelurahan yang berada di dua kecamatan yakni Kecamatan Bantaeng dan Kecamatan Bissapu, terdampak banjir yakni Kelurahan Pallantikang, Kelurahan Mallilingi, Kelurahan Letta, Kelurahan Lembang Kelurahan Bonto Sunggu, Kelurahan Bonto Atu dan Kelurahan Bonto Rita.

Musibah banjir bandang yang datang secara tiba-tiba dan tak disangka-sangka oleh sebagian warga ini menyebabkan banyaknya warga yang tidak sempat mengevakuasi harta bendanya sehingga terendam banjir dan lumpur.

Tercatat 1 orang warga asal Kelurahan Bonto Atu Kecamatan Bissappu menjadi korban akibat terseret arus deras, dan mayatnya baru ditemukan pada malam harinya saat air sudah sedemikian surut.

Menurut data yang yang dihimpun oleh Tim Peduli Bencana Banjir Kemenag Bantaeng yang dipelopori oleh jajaran Kelompok Penyuluh Agama (Pokjaluh) dan DWP Kemenag Bantaeng, ada beberapa warga kementerian agama juga ikut terdampak musibah banjir.

Bencana yang menyisakan duka bagi sejumlah warga terdampak banjir ini pun telah menarik perhatian dan empati dari sejumlah kalangan termasuk Gubernur Sulsel, Prof. H. Nurdin Abdullah, yang juga adalah mantan Bupati Bantaeng 2 periode.

Selain Nurdin Abdullah yang datang menyerahkan sejumlah bantuan, dihari yang sama, sabtu (13/6/2020) malam, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H. Anwar Abubakar berkunjung guna melihat langsung lokasi bencana.

Anwar Abubakar, yang juga merupakan mantan Kepala Kantor Kemenag Bantaeng, bersama rombongan mengunjungi secara langsung Posko Peduli Banjir Kemenag Bantaeng, guna menyerahkan sejumlah bantuan untuk disalurkan kepada para korban terdampak banjir.

“Mudah-mudahan dengan bantuan ini, dapat mengurangi sedikit beban saudara kita yang terdampak banjir.” Ungkapnya.

Rombongan diterima secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus, didampingi sejumlah jajarannya.

“Atas nama Keluarga Besar Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng serta segenap masyarakat Bantaeng yang terdampak banjir, Tim Peduli Bencana Banjir Kemenag Bantaeng menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian dan perkenan bapak Kakanwil H. Anwar Abubakar, yang telah menyempatkan diri berkunjung dan menyerahkan langsung sejumlah bantuan untuk disalurkan kepada masyarakat terdampak banjir, yang mana didalamnya juga terdapat sejumlah warga Kementerian Agama, dan berdo’a semoga Bantaeng dapat segera pulih kembali dan seluruh warga dapat kembali beraktifitas seperti sedia kala.” Ucap Muhammad Yunus.

Sebelumnya, secara khusus Kepala Kantor Kemenag Bantaeng H. Muhammad Yunus telah menggelar rapat terbatas lingkup pimpinan pada Sabtu (13/6/2020) siang, guna membahas langkah-langkah strategis dalam menyikapi bencana banjir yang telah memporak-porandakan sejumlah wilayah di Kabupaten Bantaeng, ini guna mengambil peran dalam rangka membantu masyarakat terdampak banjir.

Laporan : Mahdi
Editor  : Arfan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *