Kakanwil Kemenag Sulsel Ikuti Sosialisai Hasil Audit Dana BOS oleh Itjen, Begini Hasilnya

Kakanwil Kemenag Sulsel Ikuti Sosialisai Hasil Audit Dana BOS oleh Itjen, Begini Hasilnya
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Makassar, MarhamahNews – Didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Masykur dan Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, H. Faturrahman, Kepala Kantor Wilayah (kanwil) Kementerian Agama (kemenag) Provinsi Sulawes Selatan, H. Anwar Abubakar mengikuti Sosialisasi Hasil Audit Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) pada Madrasah dan Pondok Pesantren di Sulawesi Selatan, yang diselenggarak oleh Inspektorat Wilayah IV Kementerian Agama RI, kamis (28/5/2020) melalui Aplikasi Online.

Bergabung melalui aplikasi meeting Online sebagai pemateri Inspektur Wilayah IV Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama RI , H. Suhersi, Pengendali Teknis Audit Dana Bos pada Madrasah dan Pondok Pesantren di Kabupaten Takalar, dan Kabupaten Soppeng, H. Sugianto, dan Ketua Tim Adi Nugroho.

Selain itu, bergabung pula kepala seksi pada bidang Pendidkan Madrasah, dan Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, para Kasi Madrasah, dan Kasi Pondok Pesantren Kemenag Kabupaten Kota se Sulsel.

“Inspektorat Jenderal Kementerian Agama sebagai Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), Olehnya kepada seluruh satuan organisasi/satuan kerja/Unit Pelaksana Teknis pada Kementerian Agama wajib bekerjasama dan  mendukung Inspektorat Jenderal dengan memberikan akses  terhadap seluruh informasi, asset, dan personilnya  guna kelancaran dalam pelaksanaan pengawasan”, Ucap Inspektur Wilayah IV, H. Suhersi.

Ia menambahkan bahwa, program pengawasan Itjen Tahun 2020 mencakup 3, yaitu yang pertama, pada upaya peningkatan integritas dan akuntabilitas kementerian agama; kedua, pada upaya peningkatan implementasi program reformasi birokrasi; dan yang ketiaga, pada upaya peningkatan tata kelola Inspektorat Jenderal.

Sedangkan Ketua Tim Audit Kinerja program dana BOS, Adi Nugroho menyampaikan bahwa pihaknya bersama Tim telah melakukan Audit Dana Bos di Kementerian Agama Kabupaten Takalar pada 12 Satker/lembaga yaitu 3 negeri dan 9 swasta, dan di Kementerian Agama Kabupaten Soppeng 16 satker/lembaga, 4 negeri 12 swasta.

Menurutnya, dari hasil Audit kedua kabupaten tersebut mendapat nilai Cukup, yaitu Kabupaten Takalar 75,67 dan Kabupaten Soppeng 75,36.

“Bagi Satker/lembaga yang telah dilakukan audit di kedua kabupaten tesebut, kiranya segera menindaklanjuti hasil audit setelah menerima notisi, paling lambat 60 hari kerja sejak laporan Hasil Audit diterima”. Tutur Adi Nugroho.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, H. Anwar Abubakar yang diberi kesempatan pertama untuk memberikan sambutan mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran di Inspektorat Jenderal yang telah memberikan bimbingan kepada Madrasah dan Pondok Pesantren yang ada di sulsel.

“Terima kasih atas bimbingan dan petunjuk dari teman-teman auditor yang telah melakukan audit pengelolaan dana bos tahun 2020, bila ada kekurangan atau ketidak Pahaman tahun ini, semoga kedepannya tidak mengulang kesalahan yang sama”. Ungkap Kakanwil

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *