Ikuti Rapat PHBI, Kakan Kemenag Selayar Paparkan SE MA No 6 Tahun 2020

Ikuti Rapat PHBI, Kakan Kemenag Selayar Paparkan SE MA No 6 Tahun 2020

Selayar, MarhamahNews – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H tahun 2020 Masehi, Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. H. Nur Aswar Badulu, ikuti Rapat Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) di ruang rapat pimpinan Bupati Kepulauan Selayar.

Dalam rapat yang digelar, kamis (14/5/2020) pagi menghadirkan Majeli Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Selayar, Dinkes, Muhammadiyah, PORSAM, dan para pemuka agama Islam.

Berdasarkan himbauan Bupati, rapat persiapan pelaksanaan shalat Ied yang Isnya Allah jatuh pada tanggal 24 Mei 2020 ini dilakukan. Penyatuan konsep dan kesepahaman dalam menyambut hari raya idul fitri 1441 H yang tersisa beberapa hari ke depan dalam situasi pandemi covid-19

Nur Aswar Badulu saat dimintai pendapat mengatakan, Menteri Agama telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri yang dapat dijadikan panduan dari aspek agama dan kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran covid 19.

Eks Kasi Bimas Islam ini memaparkan beberapa poin menyangkut panduan surat edaran MA No.6 Tahun 2020 tersebut.

“Bila mana sudah ada pengumuman resmi dari pusat dan dan daerah mengenai situasi covid19 sudah aman, maka panduan dapat diabaikan.” tutup Aswar.

Usai pendapatnya dikemukakan, Pimpinan rapat Sekda Marjani Sultan bersama Asisten II H. Arfang Arif menyimak beberapa pendapat lain sebagai pertimbangan, yakni dari MUI Kepulauan Selayar, Dinkes, dan Muhammadiyah. Al hasil, Kesimpulan rapat disepakati shalat Ied bisa dilaksanakan di lapangan pemuda dan di empat masjid dalam kecamatan Benteng dengan ketentuan sebagai berikut; Pintu masuk hanya ada dua, membawa sajadah masing-masing, membawa Hand Sanitizer, dilarangan berjabat tangan, dan larangan membawa anak kecil (Balita)

“Mudah-mudahan apa yang kita dapat hari ini itulah yang disepakati bersama.” tutup Arfang.

Laporan : Anto

Editor : Arfan
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *