Opini : Gerakan Pembelajaran Berbasis WEB (E-LEARNING)

Opini : Gerakan Pembelajaran Berbasis WEB (E-LEARNING)
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Oleh:

Asrul Haq Alang

Pada saat ini seiring berkembangnya era globalisasi teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang pesat dan mendapat banyak respon dari masyarakat, sehingga interaksi dan penyampaian informasi bisa berlangsung dengan cepat dan mudah. Salah satu pengaruh dan dampak dari perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi ialah dalam aspek pembelajaran, yang mana saat ini proses pembelajaran menjadi lebih mudah dari zaman dahulu yaitu dengan cara berbasis komputer.

Menggunakan internet sebagai salah satu sarana untuk pembelajaran merupakan cara agar kita tidak tertinggal dengan teknologi yang semakin maju ini. Apalagi ditengah pandemi COVID-19 yang mengharuskan para pelajar untuk belajar dari rumah.

Adapun langkah – langkah awal yang harus dilakukan sebelum menggunakan metode pembelajaran yang berbasis web ialah dengan menentukan ranah mana yang harus akan dipakai oleh proses pembelajaran ini, apakah kognitif, psikomotorik dan afektif.

Pembelajaran yang berbasis web atau disebut dengan e-Learning merupakan aktfitas pembelajaran yang menggunakan jaringan internet untuk menyampaikan dan memfasilitasi ketika dalam proses pembelajaran. Dewasa ini, dengan berkembangnya teknologi membuat gaya hidup kebanyakan manusia cenderung bergerak secara dinamis sehingga kebutuhan akan proses belajar jarak jauh yang biasa disebut dengan tele-edukasi semakin meningkat pula.

Web itu sendiri merupakan kumpulan dokumen yang banyak tersebar diseluruh server penjuru dunia dan terhubung menjadi satu jaringan yang disebut dengan internet. Dalam pembelajaran yang menyertakan web sebagai salah satu cara pengembangan dalam proses pembelajaran ini sangat membantu kita dalam melakukan berbagai kegiatan secara efektif, karena kita dapat mencari dan mendapatkan ilmu seluas mungkin disini, serta mengetahui banyak hal yang belum kita pahami sebelumnya. Dan yang terpenting ialah menggunakan web ini untuk kebutuhan yang positif tidak untuk keperluan yang negatif.

Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran

Pengertian internet (interconnection networking) itu sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya.

Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut dengan ARPANET. Misi awal dari proyek ini awalnya hanya untuk keperluan militer saja, tetapi lambat laun terus berkembang dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Cobine sendiri berpendapat bahwa pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran dapat mengkondisikan siswa untuk belajar secara mandiri. Para siswa dapat mengakses secara online dari berbagai pustakawan, museum, database, dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan, dan statistik.

Siswa dapat berperan sebagai seorang peneliti, menjadi seorang analisis, tidak hanya sebagai konsumen informasi saja tetapi mereka juga dapat menganilisis informasi yang relavan dengan pembelajaran dan melakukan pencarian yang sesuai dengan kehiduapan nyatanya.

Siswa dan guru juga tidak perlu hadir secar fisik di kelas (classroom meeting), karena siswa dapat mempelajari bahan ajar dan mengajarkan tugas-tugas pembelajaran serta ujian dengan cara mengakses jaringan komputer yang telah ditetapkan secara online.  Siswa juga dapat bekerja sama satu sama lain. Mereka dapat saling berkirim e-mail untuk mendiskusikan bahan ajar.

Kelebihan Internet Sebagai Media Pembelajaran (e-learning)

Perkembangan/kemajuan teknologi internet yang sangat pesat dan merambah keseluruh penjuru dunia telah dimanfaatkan oleh berbagai negara, institusi dan ahli untuk berbagai kepentingan termasuk di dalamnya untuk pendidikan dalam menunjang proses pembelajaran. Dalam menunjang upaya peningkatan mutupembelajaran berbasis web maka berbagai percobaan telah dilakukan bahkan terus dilakukan.

Yang menjadi suatu nilai plus dalam proses pembelajaran yang menggunakan internet sebagai medianya adalah dimungkinkan terjadinya distribusi pendidikan ke semua penjuru tanah air dan kapasitas daya tampung yang tidak terbatas karena tidak memerlukan ruang kelas, sehingga proses pembelajaran tidak terbatas oleh waktu seperti halnya tatap muka biasa.

Pembelajaran yang dilakukan secara interaktif, sehingga menarik siswa dan memungkinkan pihak berkepentingan (orang tua siswa maupun guru) dapat turut serta menyukseskan proses pembelajaran, dengan cara mengecek tugas-tugas yang dikerjakan siswa secara online.

Teknologi Pendukung e-Learning

Keunggulan teknologi e-learning adalah dapat menjaga kominikasi jarak jauh antara guru dan muridnya sehingga dalam mempraktikkannya e-learning membutuhkan bantuan teknologi. Dalam proses e-learning dikenal istilah, Computer Based Learning (CBL) yaitu pembelajaran yang sepenuhnya menggunakan computer, dan Computer Assisted Learning (CAL) yaitu pembelajaran menggunakan alat bantu utama computer. Namun pada prinsipnya teknologi tersebut dapat di kelompokkan menjadi dua, yaitu, Technology based learning dan Technologi based web learning.

Dalam proses pembelajaran sehari-hari yang dikenal dari teknologi tersebut biasanya menggunakan aplikasi standar internet yaitu, email, mailing list, news group, file transfer protocol (FTC), dan World Wide Web (WWW). Aplikasi ini sangat ramah dalam menunjang proses pendidikan yang berbasis web.

Wassalam….

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *