Bersama Pemkot, Kakan Kemenag Parepare Menghadiri Vidcon Musrenbang RKPD Provinsi Sulsel

Bersama Pemkot, Kakan Kemenag Parepare Menghadiri Vidcon Musrenbang RKPD Provinsi Sulsel
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Parepare, MarhamahNews – Wali Kota Parepare, Dr. HM. Taufan Pawe bersama jajarannya mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Provinsi Sulawesi Selatan 2021 via video conference (Vidcon), Senin (20/04).

Musrenbang RKPD Sulsel via Vicon itu juga dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), termasuk didalamnya Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Parepare H. Abdul Gaffar.

Kegiatan dibuka oleh Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, diisi arahan Plh Dirjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri mewakili Mendagri, penyampaian Pokok-pokok Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, penyampaian Pokok-pokok Pikiran DPRD Provinsi Sulawesi Selatan oleh Ketua DPRD Sulsel, serta pemaparan oleh Kepala Bappeda Sulsel.

Dalam Vidcon, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengingatkan soal arahan Presiden terkait refocusing dan realokasi anggaran APBN 2020, ditindaklanjuti oleh Kementerian/Lembaga dan Pemda dengan prioritas utama penanggulangan Covid-19, Jaring Pengaman Sosial, dan stimulus ekonomi bagi pelaku UMKM dan pelaku usaha.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, Pemkot Parepare sudah mengambil langkah-langkah untuk mendukung kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, khususnya dalam penanggulangan Covid-19.

“Terkait penanggulangan Covid-19, Pemkot Parepare sudah refocusing dan realokasi anggaran APBD 2020 senilai Rp8,35 miliar,” kata Taufan.

Anggaran Rp8,35 miliar itu, ungkap Taufan, terbagi Rp6 miliar untuk penanggulangan Covid-19 ditambah Rp2 miliar Biaya Tidak Terduga (BTT).

“Anggaran itu difokuskan untuk penanganan virus Corona dan dampaknya. Seperti Pasar Murah, Bansos, dan Sembako kepada masyarakat yang terdampak langsung secara ekonomi,” ungkap Taufan.

Lewat Vidcon itu juga, Kepala Bappenas mengungkap soal respons kebijakan menghadapi Covid-19 pada 2021.

Dalam kegiatan Musrenbang tersebut mengusung tema pembangunan RKP 2021 adalah mempercepat pemulihan ketahanan ekonomi dan kehidupan masyarakat. Dengan fokus pada pemulihan industri, pariwisata, dan investasi, serta penguatan sistem kesehatan nasional.

Kepala Bappenas juga mengungkap soal antisipasi perubahan struktur perekonomian pasca Covid-19, dan strategi pemulihan ekonomi pasca Covid-19. Fokus poin di daerah adalah pemulihan dan transformasi ekonomi daerah.

H. Abdul Gaffar saat wawancara terpisah menyampaikan, jika Kemenag mengupayakan pencegahan Covid-19 dalam wilayahnya, “Kemenag akan bekerjasama dengan pemerintah kota (pemkot) dari sektor pemulihan kegiatan peribadatan di Kota Parepare, jika keadaan telah kondusif”, tuturnya.

Selain Kakan Kemenag Parepare, Musrenbang RKPD Sulsel via Vidcon di Barugae Rumah Jabatan Wali Kota Parepare itu, juga diikuti Ketua DPRD Parepare, Sekda Parepare, Kepala Bappeda, para Asisten, Kepala BKD, Direktur RSUD Andi Makkasau, Kepala Dinas Kominfo, Sekretaris, dan para Kabid Bappeda, serta staf teknis Bappeda Parepare.

Laporan : Sutrisna
Editor  : Nurwina
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *