Diskusi Online Bersama Para Penyuluh, Kakan Kemenag Bantaeng Perintahkan Penyuluhan Secara Virtual

Diskusi Online Bersama Para Penyuluh, Kakan Kemenag Bantaeng Perintahkan Penyuluhan Secara Virtual
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bantaeng, MarhamahNews – Penyebaran virus yang begitu pesat membutuhkan penanganan yang serius dari seluruh elemen masyarakat. Sebagai tokoh agama Islam kita anggap sebagai satu bahagian dari intelek capability yang mempunyai kompetensi dan kemampuan untuk bisa membantu memberi pencerahan kepada masyarakat agar supaya mata rantai penyebaran virus ini dari hari ke hari bisa kita putuskan. Demikian Kakan Kemenag Dr. H. Muhammad Yunus, menyapa para penyuluhnya dalam acara Diskusi Virtual melalui aplikasi Zoom.

“Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan kepada kita semua teman-teman penyuluh sekaitan dengan upaya-upaya yang bisa kita lakukan dari keluarga besar Kementerian Agama khususnya teman-teman penyuluh untuk bisa kita turut mengambil peran aktif agar supaya penyebaran virus ini bisa dari hari ke hari bisa semakin menurun bahkan kita bisa hentikan sehingga masyarakat kita khususnya umat muslim bisa kembali beribadah normal sebagaimana biasanya”. Tambahnya.

Menurutnya, pendekatan-pendekatan yang perlu diterapkan menyikapi situasi pandemi covid-19 ini adalah pendekatan multi dimensi antara lain pendekatan sosial, pendekatan persuasif, pendekatan kekeluargaan, pendekatan ilmiah, semua model-model pendekatan perlu untuk kita lakukan agar supaya masyarakat kita ini bisa memahami kondisi saat ini,

Ditambahkannya bahwa ada tantangan besar yang kita hadapi saat ini oleh karena diantara masyarakat kita yang memanfaatkan kondisi ini dengan menyebarkan berita-berita yang tidak benar cerita yang tidak bertanggung jawab dan berita-berita hoax.

Lebih lanjut dalam diskusi Virtual yang dimoderatori oleh Sopyan Yasri, Sekretaris Pokjaluh Kab. Bantaeng ini, Dr. Muhammad Yunus menyampaikan bahwa pada saat ini, terbatas ruang yang dapat digunakan untuk bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai penyuluh.

Oleh karena itu, beliau telah mengusulkan ke Pemerintah Daerah melalui Rapat Persiapan dalam rangka memasuki bulan suci Ramadhan yang dipimpin langsung oleh bapak Wakil Bupati H. Sahabuddin (Rabu, 15/4/20) kemarin, agar menjelang bulan suci Ramadan ini supaya mempersiapkan penyuluhan penyuluhan secara virtual.

“Oleh karena itu saya berharap teman-teman penyuluh bisa menyusun suatu strategi dakwah secara fisik virtual, jadi nanti pemerintah daerah akan bekerjasama dengan tv lokal atau media streaming seperti Bantaeng TV, atau kita juga bisa menggunakan beberapa website yang mungkin kita bisa memasuki bahkan mungkin YouTube”. Imbuhnya.

“Oleh karena itu pada saat ini saya berharap dan ini mungkin menjadi perintah kepada seluruh jajaran penyuluh agama Islam baik PNS maupun non PNS, agar membuat video rekaman yang berisi penyuluhan-penyuluhan virtual yang bisa di-share di media sosial agar dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat di tengah pandemi wabah virus Corona ini”. Tegasnya.

Bahkan ditambahkan Kakan Kemenag bahwa ini akan menjadi salah satu poin utama dalam ajang Pemilihan Penyuluh Teladan tahun ini.

Di akhir arahannya Kakan Kemenag tak lupa mengajak kepada seluruh jajaran penyuluh untuk ikut bergabung dalam kegiatan Tarhib Ramadhan dan Indonesia Berdzikir dengan tema “Bersimpuh Memohon Agar Terbebas Dari Covid-19” yang akan disiarkan langsung melalui TVRI dan beberapa media lainnya pada pukul 20.30.wita.

Laporan : Mahdi
Editor  : Arfan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *