Dr. HM. Rasbi Rapat Konsultasi Online Dengan Direktur PAI Kemenag RI

Dr. HM. Rasbi Rapat Konsultasi Online Dengan Direktur PAI Kemenag RI
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Makassar, MarhamahNews – Imbauan Menteri Agama RI untuk melakukan social distancing dan physical distancing selama pandemi covid-19 memaksa para pejabat beserta segenap jajaran pegawai Kementerian Agama se Indonesia untuk sesering mungkin melakukan konsultasi dan koordinasi secara online (daring).

Seperti yang dilakukan oleh Bidang Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kanwil Kemenag Sulsel, dimana DR.H M Rasbi, SE, MM selaku orang nomor satu di Bidang ini melakukan rapat konsulatsi bersama Direktur PAI Kemenag RI DR.H.Rohmat Mulyana ,M.Pd serta Kasubdit PAI pada Sekolah Menengah Pertama (SMP), DR.H.Agus Shaleh, M.Ed. Rabu, 15 April 2020

Rapat konsultasi online ini juga diikuti oleh seluruh Kepala Seksi pada Bidang PAIS bersama MGMP PAI SMP se Sulawesi Selatan.

“Jauh dimata dekat dihati”, ucap Dr.HM.Rasbi mengawali dialog pada rapat konsultasi ini.

Dalam penyampaiannya, H.Rasbi mengatakan bahwa dalam situasi saat ini kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) SMP haruslah semakin profesional karena adanya tantangan baru yang dihadapi, yaitu tidak adanya tatap muka lagi dengan peserta didik dalam proses pembelajaran.

“Pembelajaran dengan metode daring (online) yang dilakukan diyakini dapat menggali potensi-potensi dan kompetensi GPAI SMP, oleh karena akan ada inovasi-inovasi yang hadir dalam memajukan pendidikan Agama Islam di Sulsel”, beber H.Rasbi.

Dalam masa pandemik covid-19 ini, lanjut Dr.Rasbi, diharapkan GPAI SMP dapat menjadi pioner dalam menyikapi seluruh kebijakan serta himbauan dari pemerintah, sekaligus menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikannya.

Sementara itu, Kasubdit PAI Dr.H.Agus Shaleh merespon positif kegiatan daring ini, karena menurutnya meskipun waktunya yang terbatas namun substansi pembahasannya jelas adanya.

“Momentum ini bisa menjadikan kita semuanya untuk dapat lebih kreatif dan lebih produktif untuk melaksanakan program program unggulan yang ada di PAI”, tutur Dr.H.Agus Shaleh

Ia juga kembali mengingatkan bahwa MGMP PAI SMP adalah mitra kerja Kementerian Agama dalam memajukan pendidikan agama, sehingga peran aktifnya pun diharapakan dapat memberi konstribusi positif kepada pemerintah.

Menjelang akhir rapat konsultasi, Kasubdit PAI pada SMP ini mengharapkan agar pihak Kanwil, dalam hal ini Bidang Pais membuat serta menyiapkan jurnal bagi guru PAI, agar seluruh kreatifitas penulisan dapat terakomodir untuk dipublikasikan.

Hal senada disampaikan Direktur PAI, bahwa GPAI dalam situasi pandemik covid-19 ini diharapkan mampu membimbing peserta didik untuk tetap belajar melalui daring.

“Saat ini direktorat PAI sedang menyiapkan satu program pembelajaran melalui televisi (TVRI), untuk itu diharapkan agar seluruh provinsi (FKG, KKG, serta MGMP SMA dan SMP) se Indonesia untuk menyiapkan bahan bahan video proses pembelajaran selama kegiatan daring dilaksanakan”, ujar Dr.H.Rohmat Mulyana

Selanjutnya ia mengungkapkan bahwa direktorat PAI sedang merancang satu kurikulum yang lebih sederhana, dengan harapan capaian pembelajaran dapat diwujudkan. Oleh karena target yang ingin dicapai dapat memberi penguatan-penguatan karakter didalamnya.

“Kepada seluruh teman-teman di Lanwil agar pelayanan GPAI dapat lebih baik dan meningkat. Insya Allah dalam waktu dekat akan terbit surat edaran terkait hal ini”, Tutup Dr.Rohmat sembari memuji dan mengapresiasi Kabid Pais Kanwil Kemenag Sulse yang dinilainya sebagai provinsi pertama yg mengagendakan konsultasi online dengan Direktur PAI Kemenag RI.

 

Dilaporkan / rilis : A.Bali
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Andi Baly

Andi Baly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *