H.Kamaruddin Ikuti Rakor Daring Bersama 37 Pejabat Eselon Tiga yang Dipimpin Kakanwil Kemenag Sulsel

H.Kamaruddin Ikuti Rakor Daring Bersama 37 Pejabat Eselon Tiga yang Dipimpin Kakanwil Kemenag Sulsel

Makassar, MarhamahNews – Sejak diterapkannya sistem kerja Work From Home (WFH) pada tanggal 15 Maret 2020, inilah untuk kali pertama Kakanwil Kemenag Sulsel H.Anwar Abubakar menggelar rapat koordinasi (rakor) secara daring (dalam jaringan/online) yang diikuti 38 pejabat eselon tiga lingkup Kemenag Sulawesi Selatan, termasuk Kakan Kemenag Kab.Enrekang H.Kamaruddin. Senin, 13 April 2020.

Dari ruang kerjanya di lantai 2 gedung Kanwil Kemenag Sulsel Jalan Nuri nomor 53, H.Anwar Abubakar terlibat dialag interaktif dengan para Kepala Kantor Kemenag Kab./Kota se Sulsel dan para Kepala Bidang serta Pembimas lingkup Kanwil Kemenag Sulsel yang membahas tema sentral mengenai kondisi terkini, khususnya yang terkait dengan pencegahan covid-19.

Kakanwil menunjuk Kasubag Kepegawaian H.Abdul Wahid untuk bertindak selaku moderator pada rakor daring yang pelaksanaannya difasilitasi oleh Kasubag Umum dan Humas H.Zulkifly Hijaz ini.

Dalam arahannya, H.Anwar Abubakar meyampaikan beberapa hal penting, diantaranya meminta kepada peserta rapat untuk mensosialisasikan aturan dan kebijakan Work From Home (WFH) dan perubahan libur bersama secara nasional, termasuk meyebarluaskan secara massif surat edaran Menag RI dan MUI terkait panduan pelaksanaan Ibadah di bulan suci Ramadhan.

Kakanwil juga mengimbau kepada seluruh satker untuk mengupayakan pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) dalam upaya mencegah penyebaran Covid 19 khususnya di lingkungan Kemenag Sulsel dan melakukan pendataan di lingkup keluarga besar Kemenag Sulsel yang merasakan dampak Covid-19, misalnya para tenaga honorer, para pengurus rumah ibadah dan lainnya, kita agar diberi perhatian khusus.

Lebih lanjut H.Anwar Abubakar meminta kepada peserta rapat untuk membentuk tim gugus tugas pencegahan Covid-19 di wilayah kerja masing masing serta berpartisipasi dan bersinergi secara aktif dengan Pemerintah daerah dan stake holder setempat. Kakanwil juga mengimbau agar mensosialisasikan call centre whatsApp covid-19 Kemenag RI dan segera memberikan data dan informasikan apabila ada ASN & Non ASN Kemenag dan keluarganya yang terpapar dan terkena dampak Covid-19.

Mengenai layanan pernikahan, Kakanwil menginstruksikan untuk mentaati SOP yang tertuang dalam surat edaran Dirjen Bimas Islama Kemenag RI, serta KUA menyiapkan tenaga rohaniawan atau pembaca doa bilamana ada yang meninggal di wilayahnya akibat Covid 19 dengan tetap merujuk pada SOP kesehatan dan keselamatan.

Rapat daring yang digelar pukul 13.00 Wita ini juga membahas tentang prmbedayaan Unit Pengumpul Zakat, dimana masing masing satker diminta untuk mendistribusikan zakat ke delapan asnaf (yang berhak menerima Zakat) khususnya yang terdampak Covid-19 bekerja sama dengan Baznas atau Bazda setempat.

Sebelum membuka sesi tanya jawab, Kakanwil berusia 47 tahun ini meminta kepada seluruh pimpinan Satker agar tiap pekan (hari senin) memberikan laporan ke Kanwil, khususnya terkait WFH.

Diakhir rapat, H.Anwar Abubakar mengutarakan harapannya, diantaranya meminta agar pelayanan di KUA segera menyesuaikan dengan surat edaran Dirjen Bimas Islam dan mensosialisasikan kebijakan Menteri Agama RI terbaru kepada tengah masyarakat.

Ia juga berharap.agar proses admnistrasi perkantoran tetap dilaksanakan sesuai aturan dan meminta agar melakukan aksi nyata dilapangan terkait pencegahan Covid-19 serta mengimbau masyarakat agar melaksanaka ibadah di rumah masing-masing dan bagi pegawai Kemenag se Sulsel untuk tetap waspada dan menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari Covid-19.

“Mari kita saling mendoakan semoga situasi ini bisa segera berahir dan kembali normal sehingga seluruh masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti biasanya”, tutup Kakanwil.

 

Dilaporkan : Bob Muchlis
Editor     : A.Baly
Andi Baly

Andi Baly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *