Kasi Bimas Islam Kemenag Tana Toraja Tinjau Lokasi Pembangunan Masjid Maryam Togon Kaduaja

Kasi Bimas Islam Kemenag Tana Toraja Tinjau Lokasi Pembangunan Masjid Maryam Togon Kaduaja

Tana Toraja, MarhamahNews – Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Tana Toraja H. Tamrin Lodo didampingi Kepala KUA Gandangbatu Sillanan Ustadz Dahir B. Tahir, Penyuluh Agama Fungsional Nurhayati, Kepala KUA Makale Irwan Arif, Staf Bimas Islam Buhari Pamilangan, dan Nasir Toding, melakukan Peninjauan lokasi pembangunan Masjid Maryam Togon, Dusun To’Kambola, Lembang Kaduaja, Selasa 17 Pebruari 2020.

Kunjungan ini untuk memenuhi permohonan Panitia Pembangunan Masjid Maryam Togon untuk dilakukan pengukuran arah kiblat di lokasi pembangunan Masjid tersebut.

Lokasi Pembangunan Masjid Maryam Togon merupakan Tanah Hibah dari Keluarga Bapak Lantcang Bombing selaku Tokoh Masyarakat Gandangbatu Sillanan.

Tanah Hibah untuk pembangunan Masjid ini merupakan amanah dari Almarhumah Maryam Togon (Istri Lantcang Bombing) semasa hidupnya, Sehingga nama Masjid tersebut diberi nama Maryam Togon.

Lantcang Bombing, berharap Hibah ini menjadi Amal Jariyah buat Almarhumah istrinya di Akhirat.

Sementara itu, Kepala Lembang Kaduaja Efendi Pamilangan, mengaku satu kesyukuran bagi masyarakat Kaduaja atas itikad mulia dari Keluarga Bapak Lantcang Bombing mewakafkan tanahnya untuk pembangunan Masjid, dengan demikian akan memberikan kemudahan bagi ummat Islam khususnya yang ada di Dusun Tondok Bangla’ dalam melaksanakan ibadah shalat Jumat dan shalat 5 waktu secara berjamaah.

Kasi Bimas Islam H. Tamrin Lodo mengatakan pengukuran arah kiblat merupakan domain Kementerian agama. Hal ini perlu dilakukan agar Masjid yang ada nantinya berdiri sesuai posisi yang dipersyaratkan oleh Agama.

H. Tamrin Lodo mengajak semua elemen yang ada untuk bergotong royong dalam membantu pembangunan Masjid Maryam Togon agar dapat selesai sesuai rencana.

Beliau juga berharap Kehadiran Masjid Ini nantinya dapat menjadi sarana perekat hubungan antar sesama pemeluk agama apalagi lokasinya berhadapan dengan Gereja

Peletakan Batu pertama pembangunan Masjid Maryam Togon rencananya akan digelar pada 01 Ramadhan 1441 H yang bertepatan dengan 24 April 2020.

Laporan : Arsyad
Editor  : Arfan

 

Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *