Kaswad Sartono Imam, Jamaah Masjid Al Ikhlas Kanwil Kemenag Sulsel Qunut Nazilah

Kaswad Sartono Imam, Jamaah Masjid Al Ikhlas Kanwil Kemenag Sulsel Qunut Nazilah

Makassar, MarhamahNews – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan imbauan kepada umat muslim di seluruh Indonesia untuk memperbanyak zikir dan melakukan qunut nazilah sekaitan dengan mewabahnya virus corona yang telah merenggut ribuan nyawa di seluruh dunia.

Menindaklanjuti imbauan ini, jamaah shalat dzuhur masjid Al Ikhlas Kanwil Kemenag Sulsel yang diimami oleh Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Dr.Kaswad Sartono melaksanakan qunut pada i’tidal rakat terakhir. Selasa, 17 Maret 2020.

Setelah sholat dilaksanakan, jamaah lantas berzikir dan melafaskan doa, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian tausyiah oleh Dr. Kaswad, lewat kultum yang memang akhir-akhir ini kembali digalakkan di Masjid yang berada di bagian belakang gedung Kanwil Kemeg Sulsel ini.

“Selama ini, doa Qunut selalu dikaitkan sebagai salah satu ketentuan fikih pada salat. Doa ini selalu disisipkan di antara rakaat salat. Namun ternyata, doa Qunut juga dapat digunakan saat seseorang dalam marabahaya”, ucap Dr.Kaswad mengawali tausiyahnya.

Qunut sendiri terbagi menjadi tiga, lanjutnya, yaitu Qunut Subuh, Qunut Nazilah, dan Qunut Witir

“Qunut subuh di baca dalam salat Subuh pada i’tidal rakaat akhir, sedangkan qunut nazilah boleh dibaca pada setiap sholat wajib 5 waktu lainnya. Adapun makna dari doa qunut nazilah ini lebih kepada meminta perlindungan dari marabahaya”, jelas Dr.Kaswad mengakhiri kultumnya.

Laporan : A Baly
Editor  : Arfan
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *