Tutup Rakor Kehumasan, Sutikno: Walau Minim Anggaran, Humas Harus Tetap Memberitakan dan Menjaga Wajah Kemenag

Tutup Rakor Kehumasan, Sutikno: Walau Minim Anggaran, Humas Harus Tetap Memberitakan dan Menjaga Wajah Kemenag
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Depok, MarhamahNews – Rapat Koordinasi Kehumasan Bidang Pengawasan Tingkat Kanwil yang dihelat di Hotel Santika Depok Jawa Barat, secara resmi ditutup oleh Kabag Kepegawaian dan Umum Kemenag RI Sutikno, Rabu, 26 Februari 2020.

Rakor yang dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI ini berlangsung sejak tanggal 24-26 dan diikuti oleh seluruh Kasubag Umum dan Humas Kanwil Kemenag serta Staf Kehumasan dari 33 Provinsi se Indonesia.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten, diantaranya staf khusus Menteri Agama Ubaidillah Amin Moech, Plt.Itjen Muhammad Tambrin, Kepala Biro HDI Sekjen Kemenag Suhaili, Kabag Kepegawaian dan Umum Sutikno dan Kasubag TU dan Humas Nurul Badrutaman serta Pakar Media dan Informasi Abdul Malik MSN.

Pada kegiatan ini staf khusus Menag Ubaidillah Amin Moech berpesan agar memanfaatkan media sosial (medsos)
dengan sebaik-baiknya, karena menurutnya peran medsos sangatlah besar dalam membangun komunikasi yang baik, santun dan juga dapat meredam konflik.

“Informasi yang vIral di medsos tidak jarang menjadi konflik di dunia maya. Semua orang kini seolah mudah disulut emosinya via medsos karena sifatnya yang begitu personal dan viral time”, tutur Ubaidillah Amin Moech

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa peran humas Kemenag sangatlah penting sebab citra positif lembaga akan menunjang kinerjanya.

“Jika sebuah lembaga memiliki citra positif maka dukungan publik akan mengalir dengan sendirinya karena dukungan publik sangat mutlak diperlukan bagi keberlangsungan sebuah lembaga”, urainya.

Di hari kedua pelaksanaan rakor ini peserta dilatih untuk membuat video dengan menggunakan gadget, yang materinya dibawakan oleh pakar media dan informasi Abdul Malik MSN.

Selain belajar membuat video, peserta juga menerima materi dari Kepala Biro Humas Data dan Informasi Sekjen Kemenag RI Suhaili disusul materi berikutnya oleh Plt.Itjen Muhammad Thambrin.

Kedua pemateri ini menekankan bahwa tugas seorang humas sangatlah penting, selain harus memberitakan citra positif lembaga juga harus bisa berperan sebagai pengawas pada instansi masing-masing.

Dihari terakhir kegiatan (26/02), Kabag Kepegawaian dan Umum Sutikno tampil sebagai pemateri terakhir sekaligus menutup kegiatan ini.

Dalam materinya ia mengatakan bahwa meskipun tahun ini humas mengalamai keterbatasan anggaran akan tetapi masih bisa aktif memberitakan dan mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang ada di Satker masing-masing, serta tetap bisa menjaga wajah positif lembaga Kementerian Agama.

Sebelum acara ini ditutup secara resmi, para pembuat video profile dari setiap Kanwil yang ikut lomba diberikan penghargaan, yakni :
1. Kanwil Bengkulu keluar sebagai juara 1
2. Kanwil Sulawesi Utara sebagai juara 2
3. Kanwil Kemenag Bali juara 3
4. Kanwil Kemenag Sulawesi Barat harapan 1
5. Kanwil Kemenag DIY harapan 2, dan
6. Kanwil Kemenag Sumatera Barat sebagai juara harapan 3.

Pada acara penutupan ini, Kasubag TU dan Humas Itjen Kemenag RI Nurul menyampaikan bahwa akan diadakan kembali kompetisi pembuatan video program penanggulangan anti korupsi di masing-masing Kanwil yang akan ditayangkan pada bulan Maret tahun ini.

Penulis : Rahmawati Firdaus
EditorĀ  : A.Baly, S.Sos

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *