Pembukaan MTQ Kabupaten Meriah dengan Panggung Utama Artistik

Pembukaan MTQ Kabupaten Meriah dengan Panggung Utama Artistik
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bulukumba, (Inmas Bulukumba) – Pelaksanaan Musabaqah tilawatil Qur’an tingkat Kabupaten Bulukumba digelar senin, ((24/02/2020) dilapangan H. Andi Sultan Dg. Radja, Ponre, Kecamatan Gantarang.

Kegiatan yang diagendakan berlangsung hingga jum’at mendatang ini melombakan Seleksi MTQ (Anak-Anak, Remaja, Dewasa), Hafidz (1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz), Seleksi MSQ (Cerdas cermat), Qiraah Mujawwad, Murattal Mujawad Remaja dan Dewasa, Kaligrafi (Naskah, dekorasi, kontenporer), dan Qasidah rebana, serta Tartil tingkat anak-kanak yang dibuka oleh Staff ahli kemasyarakatan dan sumber daya manusia H. Darmawati mewakili Bupati Bulukumba.

Melalui momentum ini, Bupati mengajak masyarakat untuk membangkitkan nilai-nilai spriritual agar mendapatkan berkah, rahmat dan kasih sayang serta lindungan Allah SWT.

“Melalui MTQ ini, hendaknya kita jadikan sebagai media untuk membangun kesadaran ummat dalam memahami, mendalami dan mengamalkan ajaran agama berdasarkan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah Rasullullah SAW, dan kita harapkan momen ini tidak sebatas rutinis seremoni belaka,” pesan Bupati.

Disampaikan pula, bahwa potensi yang telah terbangun dalam penerapan kerangka nilai spiritual keagamaan, akan mampu dimanfaatkan sebagai kekuatan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat dalam menciptakan gerak dan langkah pembangunan yang semakin maju dan berkualitas.

Bupati Bulukumba juga mengajak memanfaatkan momentum MTQ ini untuk melahirkan generasi yang berkualitas dan mencapai prestasi yang baik dan terhormat sebagai indikator keberhasilan.

”Saya minta kepada seluruh penanggung jawab perhelatan MTQ ini, agar serius mengusung misi mencapai prestasi terbaik pada event MTQ ke tingkat Provinsi Sulawesi selatan yang akan datang, karena momentum MTQ tingkat Kabupaten ini harus menjadi titik tolak ukur menghasilkan duta atau wakil Kabupaten Bulukumba pada event yang lebih tinggi,” pesan Bupati.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Bulukumba menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Camat Gantarang dan Lurah Matekko selaku tuan rumah, yang telah menunjukkan kemampuannya selaku tuan rumah yang baik, dibuktikan dengan kemeriahaan pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Bulukumba, dengan panggung utama yang sangat artistitk mirip dengan bangunan mesjid ICDT.

Sebelum Acara pembukaan, dilaksanakan pawai defile dari sepuluh Kecamatan dengan masing masing membawa motto Kecamatannya yang didahului penampilan drum band MIN 1 Bulukumba.

Acara Pembukaan MTQ ini ditandai penyerahan piala bergilir dari juara umum MTQ ke 46 dari Camat Bulukumpa Drs. Muh. Salman Z Patongai kepada Staf Ahli Bupati Hj. Darmawati didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kab, Bulukumba Dr. H. Ali Yafid, S,Ag, M.Pd.I selanjutnya piala bergilir tersebut diserahkan kepada Gantarang Andi Uke untuk kembali diperebutkan.

Acara pembukaan dihadiri Forkopimda, Anggota DPRD Bulukumba Andi Soraya, Ketua TP. PKK Siti Isniyah, Asisten Administrasi A. Misba A. Wawo, Para Kepala OPD, Para Kabag, para Camat, Kepala KUA, Pimpinan Organisasi Perempuan, Hj. A. Sumrah, Tokoh masyarakat Hj. Andi Hartatiah AS, tokoh agama, majelis taklim, Komunitas Pejuang Subuh dan Biker Muslim Bulukumba serta undangan lainnya.

Dalam acara pembukaan MTQ ini pula H. Ali Yafid yang juga menjadi pengurus LPTQ Kabupaten Bulukumba melantik dewan hakim yang akan menilai dan menentukan yang terbaik dan berhak menjadi juara pada MTQ tahun ini untuk mewakili Kabupaten Bulukumba pada MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pangkep.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Syaiful

Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *