Hadiri Pembukaan MTQ Kabupaten Tana Toraja, Kakanwil Janji Sosialisasikan Program Getaran Sukma Ilahi

Hadiri Pembukaan MTQ Kabupaten Tana Toraja, Kakanwil Janji Sosialisasikan Program Getaran Sukma Ilahi
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Makale, MarhamahNews – Event dua tahunan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) kembali digelar dengan meriah di Bumi Lakipada Tana Toraja.

Kegiatan MTQ ke IX ini dirangkaikan dengan pelakasanaan Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) yang ke III Tingkat Kab. Tana Toraja, yang pelaksanaannya dipusatkan di Plaza Taman Rakyat Kolam Makale, Sabtu 22 februari 2020.

Acara diawali dengan Pawai Ta’aruf oleh 2000an kafilah dari 19 Kecamatan se Kab Tana Toraja yang akan berkompetisi pada 21 cabang lomba.

MTQ ke IX dan FASI ke III Tingkat Kab Tana Toraja tahun 2020 ini dibuka langsung oleh Bupati Tana Toraja Ir.Nicodemus Biringkanae.

Dalam sambutannya, Bupati Nicodemus Biringkanae mengajak seluruh umat Islam di Kab. Tana Toraja untuk tetap hadir dalam satu nafas Getaran Sukma Ilahi sebagai salah satu perekat dimensi pembangunan Kab.Tana Toraja.

“Getaran Sukma Ilahi harus tetap disimpul pada satu tali saling memahami dan saling menghargai dalam menjalankan ajaran agama masing-masing”, harap Nicodemus yang juga pernah menjabat selaku Kepala Dinas Koperasi Provinsi Sulawesi Selatan ini.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov Sulsel H. Anwar Abubakar yang turut hadir pada acara pembukaan ini, dalam sambutannya menyampaikan rasa kagum dan apresiasinya pada program Bupati Tana Toraja yaitu Getaran Sukma Ilahi.

Menurut H.Anwar Abubakar, semboyan ini memiliki makna yang begitu dalam serta sangat penting untuk diwujudkan dalam kehidupan setiap manusia yang bernyawa. “Siapapun kita, dimanapun kita, dan apapun agama kita, mestinya kita selalu menghadirkan Tuhan dalam hati kita mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi”, ungkapnya

“Mohon ijin bapak bupati, semboyan atau program Getaran Sukma Ilahi ini akan saya sosialisasikan diluar Toraja dan akan saya mulai dari lingkungan Kanwil Kemenag Sulsel”, lanjutnya

H.Anwar Abubakar kemudian menyoroti Kepala Lembang (Desa) yang didaulat membacakan ayat-ayat suci Al Quran pada acara pembukaan MTQ ini.

“Ini sangat luar biasa. Dan mungkin ini yang pertama dan satu-satunya terjadi di Indonesia seorang Kepala Desa mengaji pada acara pembukaan MTQ. Tentu ini merupakan imbas dari program getaran sukma Ilahi yang dicanangkan oleh bapak bupati”, sanjung H.Anwar Abubakar.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa survey Balai Litbang Keagamaan merilis index kerukunan Sulawesi Selatan melampai index nasional yaitu 85,7 % berbanding 83,73 %.

“Tentu capaian ini tidak terlepasa dari keberadaan Tana Toraja yang telah menjadi indikator dan barometer kerukunan di Sulawesi Selatan. Untuk itu suana aman, nyaman, harmonis dan kondusif ini mesti tetap dijaga dan dilestarikan”, harapnya

Pria kelahiran 7 Agustus 1973 ini juga mewanti-wanti kepada segenap penyelenggara MTQ dan FASI tingkat Kab Tana Toraja agar betul-betul mengikutkan putra putri asli Toraja, dengan harapan ketika berlomba ditingkat Provinsi Nasional tetap bisa membawa nama Tana Toraja dan membuat bangga Tana Toraja.

Diakhir sambutannya, Kakanwil berharap untuk menjadikan MTQ sebagai momen bagi umat islam untuk lebih mendekatkan diri dengan kitab suci Al Quran.

Turut hadir pada acara pembukaan MTQ dan FASI Tingkat Kab Tana Toraja tahun 2020 ini antara lain, Anggota DPR RI Mitra Facruddin MB, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Sulsel
H.Suherman,SE, MM mewakili Gubernur Sulsel, Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Tana Toraja yang juga Plt.Kadis Pariwisata Rospita Napa, Ketua DPW BKPRMI Sulsel, para pejabat Forkopimda Kab. Tana Toraja, Ketua DPRD Tana Toraja, Kepala OPD lingkup Setda Kab. Tana Toraja, Kabid Penerangan Agama Islam dan Zakat Wakaf Kanwil Kemenag Sulsel H.Rappe, Kepala Kantor Kemenag Tana Toraja dan Toraua Utara, Pengurus BKPRMI Tana Toraja, Ketua MUI Kab. Tana Toraja, Ketua dan Anggota FKUB Tana Toraja, Ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Makale, Tokoh Agama, Toko Masyarakat, Pimpinan Organisasi Keagamaan dan Kepemudaan serta ibu-ibu majelis taklim se Kab. Tana Toraja.

LaporanĀ  : Andi Baly
Editor   : Arfan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *