Koperasi Al Ikhlas Kemenag Enrekang Kelola Dana 1,5 M, Begini Tanggapan H.Kamaruddin

Koperasi Al Ikhlas Kemenag Enrekang Kelola Dana 1,5 M, Begini Tanggapan H.Kamaruddin

Enrekang, MarhamahNews – Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Enrekang, pengurus Koperasi Al Ikhlas menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang dihadiri oleh seluruh anggotanya.
Senin, (03/02/2020).

Turut hadir pada RAT ini, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Enrekang, Kepala Dinas Koperasi dan UKM yang diwakili oleh Kepala Bidang Koperasi, dan Ketua Dekopimda serta Pengawas Koperasi.

Ketua Koperasi Al Ikhlas Kemenag Enrekang, H. Syawal Sitonda melaporkan bahwa selama 4 tahun kepengurusannya, terjadi kemajuan yang cukup signifikan. Yang ditandai dengan terjadinya pengurangan defisit, bahkan Koperasi Al Ikhlas mendapatkan laba tiap tahun.

“Saat ini uang yang di kelola sudah mencapai 1,5 M. Adapun dana kas Koperasi mencapai 200 jutaan. Koperasi Al Ikhlas memiliki suku bunga yang terbilang rendah dan ini sangat membantu anggotanya dalam proses simpan pinjam, sehingga menjadikan Koperasi Al Ikhlas dapat lebih baik dari tahun ketahun”, ungkap H. Syawal Sitonda

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Enrekang, H. Kamaruddin SL dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelaksanaan RAT Koperasi Al Ikhlas membuatnya bahagia sekaligus sedih.

“Saya bahagia karena tiap tahun Koperasi Al Ikhlas dapat lebih baik dan lebih maju. Saya bersedih karena anggota koperasi ini sehanyak 192 orang namun yang aktif hanya sekitar 79 orang. Koperasi ini merupakan Koperasi kita bersama sehingga saya mengajak untuk seluruh anggota Koperasi Al Ikhlas dapat lebih mengoptimalkan fungsi Koperasi yang nota bene milik kita bersama”, imbuhnya

Kepala Bidang Koperasi Kabupaten Enrekang yang juga didaulat memberikan sambutan, mengungkapkan bahwa saat ini Koperasi Al Ikhlas telah melaksanakan RAT sebanyak 7 kali, dimana dari jadwal yang telah disepakati Koperasi Al Ikhlas lebih cepat melaksanakan RAT dibanding yany lainnya. Itu artinya Koperasi Al Ikhlas mengalami kemajuan dan kesiapan untuk melaksanakan RAT.

“Kegiatan RAT merupakan kegiatan pertanggung jawaban pengurus Koperasi selaku pengelola Koperasi kepada seluruh anggota. Motivasi memajukan Koperasi adalah kebersamaan dan ini dibuktikan Koperasi Al Ikhlas Kemenag Enrekang karena tiap tahun dapat meningkatkan neraca laba dan penurunan defisit. Dan yang terunik di Koperasi Al Ikhlas Kemenag Enrekang karena memiliki dana kas untuk simpan pinjam yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah itu tidak di manfaatkan oleh anggota Koperasi”, pungkasnya.

Reporter : Muhlis
Editor     : A Baly
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *