RDP Dengan Instansi Vertikal, Komisi 1 DPRD Sidrap Siap Perjuangkan Kemenag

RDP Dengan Instansi Vertikal, Komisi 1 DPRD Sidrap Siap Perjuangkan Kemenag
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pangkajene, MarhamahNews – Kepala Kantor Kemenag Sidrap didampingi Kasubag TU Memenuhi Undangan Rapat dengar pendapat Anggota DRPD Komisi 1 Kabupaten Sidenreng Rappang. Selasa (28/01/2020)

Rapat dengar pendapat tersebut juga mengundang para Mitra SKPD dalam hal ini seluruh pimpinan instansi vertikal yang ada di Kab. Sidrap, selain kemenag hadir pula Kepala BPN/ATR, Kepala BPS, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu.

Selaku pimpinan rapat, Ketua Komisi 1 DPRD Sidrap, Ahmad Shalihin Halim, S.Thi,.M.Hum praksi (Golkar) didampingi para anggota DRPD Komisi 1 terdiri dari Syasumarlin (Nasdem), H. Fathuddin, ST (PPP), M. Rasyid Ridha Bakri, S.Pd (Gerindra), Hj. Kartini Bekkas S.KM,.M.Kes (Nasdem), Naharuddin, ST (Demokrat), A. Fachry AB, S.Pi (PAN)

Ahmad Shalihin selaku Ketua Komisi 1 mengawali pertemuan mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan setinggi – tingginya kepada seluruh pimpinan instansi vertikal mitra kerja SKPD yang telah memenuhi undangan.

Lanjut Pimpinan rapat menyampaikan bahwa diKomisi 1 arah dan kebijakannya membidangi pendidikan, kesehatan dan Pemerintahan, selain rapat dengar pendapat Anggota Komisi 1 juga ingin mendengar Program kerja yang ingin dicapai serta hal yang menjadi kendala, dan yang paling penting adalah peningkatan sinergitas antara semua lembaga dalam mewujudkan visi misi Bupati Sidrap.

Kakan Kemenag Sidrap yang diberikan kesempatan pertama untuk memaparkan program Kemenag serta hal yang ingin dicapai mengatakan bahwa dikemimpinan Menteri Agama RI yang baru mengusung 5 hal yang menjadi tugas Kementerian Agama, yakni Pemberantasan Korupsi, Pembinaan Haji dan Pelayanan Umrah, ketiga pembinaan pendidikan keagamaan, keempat Deradikalisasi,  kelima pangan halal, dan memberikan Tugas utama Kemenag sebagai Pengawal Moral Bangsa.

H. Irman juga menambahkan bahwa Kemenag juga mengelola pendidikan keagamaan yang setara dengan pendidikan pada umumnya,
mulai dari tingkat Raudhatul athfal sampai Madrasah Aliyah yang keseluruhannya sebanyak 87 terdiri 5 Sekolah Negeri yang sisanya adalah swasta yang selama ini telah berkipra dan turut andil dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Sidrap.

Selain itu yang paling kompleks dalam Kemenag adalah masalah Haji dan umrah, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan pendaftaran jemaah haji serta memberikan pemahaman yang intens melalui manasik haji kepada jamaah yang akan berangkat, serta yang tidak kalah penting adalah memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pemilihan travel pemberangkatan umrah yang resmi dan jelas keberangkatannya.

“kesemuanya ini telah kami laksanakan dengan sebaik – baiknya demi mewujudkan visi – misi Bupati dan Wakil Bupati utamanya dibidang keagamaan, karna pada dasarnya Kemenag adalah pembantu pemerintah dalam hal ini Bupati dibidang keagamaan” tutur Irman

Syamsumarlin dari Praksi Nasdem langsung menyambut baik paparan dari Kakan Kemenag Sidrap, menurutnya kinerja Kemenag tidak diragukan lagi dan sudah terasa ditengah masyarakat utamanya animo masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya ke Madrasah maupun mondok dipesantren sangat tinggi, selain itu pelayanan haji dan umrah juga sudah baik serta pelayanan nikah di KUA serta kegiatan keagamaan juga sudah jalan selama ini.

senada dengan hal itu, Ahamad Shalihin selaku Ketua Komisi I mengapresiasi kinerja Kemenag ditengah ummat, kedepan beliau akan sering memanggil kemenag dalam rangka koordinasi dan kolaborasi dibidang keagamaan dalam mewujudkan Sidrap yang lebih religius, “namun satu hal yang harus kami Perjuangkan untuk Kemenag yakni pengadaan Kendaraan Dinas yang digunakan untuk operasional sehari – hari untuk turun dan lebih intens lagi bekeja untuk pembangunan sidrap utamanya dibidang keagamaan”

Para Anggota Komisi I juga sepakat ingin memperjuangkan Pengadaan baju seragam gratis untuk seluruh madrasah yang ada di Kab. Sidrap

“Insya allah kami dikomisi I juga akan memperjuangkan pengadaan baju seragam gratis unruk Madrasah yang ada di Kab. Sidrap” ucapnya

Ucapan terima kasih dihaturkan. H. Irman saat mendapat kesempatan kedua untuk berbicara menangapi hal tersebut, beliau juga mengapresiasi DPRD atas terselenggaranya rapat ini karna dapat menguatkan sinergi kita yang dinaungi oleh Anggota DPRD Komisi I.

“Terima kasih atas perjuangan yang ingin dilakukan oleh Anggota DPRD Komisi I Sidrap semoga apa yang kita harapakan dapat terwujud dan kerja kita dapat bernilah ibadah di sisinya” tutup kakan Kemenag Sidrap.

Laporan : Andi Husna
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *