DPD PGMI Rapat Pengurus di MAN 1 Soppeng

DPD PGMI Rapat Pengurus di MAN 1 Soppeng
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Soppeng, MarhamahNews – DPD PGMI (Persatuan Guru Madrasah Indonesia) Kabupaten Soppeng mengadakan Rapat Pengurus di Aula MAN 1 Soppeng (23/1/2020). Rapat ini sebagai bentuk konsolidasi pengurus dengan mengagendakan pembentukan DPC di Kecamatan, Seminar Nasional, Porseni antar Guru, dan Infaq anggota.

Rapat pengurus ini dihadiri oleh Kasi Pendidkan Madrasah, Pengawas Madrasah / PAI, Pengurus DPD PGMI, Kepala Madrasah dan Guru dari semua tingkatan (RA, MI, MTs., dan MA) se Kabupaten Soppeng.

H. Fitriadi selaku Kasi Penmad memulai arahannya dengan menyampaikan bahwa tunjangan sertifikasi bulan Desember 2019 siap dicairkan. Serentak peserta rapat semangat dan mengucapkan “Alhamdulillah. Sebagaimana biasanya dengan candanya menyampaikan bahwa baju olah raga PGMI alhamdulillah pengurus menghadiahkan Kasi Penmad satu pcs dengan gratis lagi.

Lanjut, untuk pelaksanaan Porseni agar menjunjung tinggi persatuan dan kebersamaan, supaya semarak, kompak, dan nampak silaturrahminya. Kemudian mengajak kepada pengurus supaya membuat proposal ke UPZ Kemenag untuk mendapatkan bantuan dari Zakat Professi Kemenag, paling tidak Rp. 100.000,- per bulan. Kemudian istilah infaq sebaiknya diganti kata lain seperti iuran. Ketika mengakhiri arahanya, Kasi Penmad mengajak seluruh guru di madrasah pro aktif untuk membesarkan PGMI di Soppeng.

Turut memberikan andil, Sudirman selaku pengawas madrasah mengingatkan pengurus bahwa untuk tertibnya pembayaran infaq, sebaiknya pengurus menyiapkan blangko pernyataan untuk diisi anggota. Sementara Pengawas lain ibu Mardatang mengkalkulasi jumlah madrasah setiap kecamatan. Ada kecamatan hanya memiliki 5 madrasah yang tentunya jumlah gurunya sudah bisa diprediksi jumlahnya. Jadi pembentukan DPC seharusnya keberadaannya harus efektif dan efisien untuk kemajuan PGMI di Soppeng.

Armas selaku Ketua dalam membahas agenda menyampaikan bahwa: 1. Pertemuan ini sangat penting untuk membangun silaturrahmi sekaligus konsolidasi pengurus mengenai tupoksi yang diemban. 2. Pembentukan DPC sebagai perpanjag tangan DPD dalam melaksanan program di tingkat Kecamatan. 3. Pengurus merencanakan untuk mengadakan Porseni anta guru se Kabupaten Soppeng. Porseni ini diharapkan melahirkan peserta yang dapat mewakili Soppeng untuk mengikuti Porseni antar Provinsi yang diprediksi dilaksanakan antara bulan Maret dan April 2020 di Bone.

Lanjut, 4. Persiapan mengadakan Seminar Nasional dalam rangka meningkatkan professionalisme guru madrasah. 5. Untuk berjalannya roda organisasi, maka dibutuhkan partisipasi anggota dalam bentuk infaq.

Setelah pembahasan yang alot, maka rapat pengurus mengeluarkan keputusan:
1. Infaq terbagi dua, Rp. 5.000,- untuk PNS dan Rp. 3.000,- untuk Guru Non PNS sertifikasi.
2. Untuk mempercepat pembentukan DPC, maka setiap kecamatan ditetapkan satu orang koordinator.
3. Pelaksanaan Seminar Nasional direcanakan pembiayaannya membuat proposal ke Pemda dan partisipasi pengurus MGMP setiap tingkatan.
4. Porseni akan dilaksanakan dengan melibatkan guru, tenaga administrasi, dan operator madrasah.

Laporan : Andi Fathurrahman
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Arfan

Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *